Bumi Murakata

Sapa Si Gadis Luncurkan Pelayanan Desa Terpadu Online

Program akselerasi penguatan pemerintahan desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui strategi Sapa Si Gadis

Sapa Si Gadis Luncurkan Pelayanan Desa Terpadu Online
HUMAS PEMKAB HST
Plt Bupati HA Chairansyah saat mengujungi salahsatu kantor Desa di Barabai, bersama jajaran pemerintahan untuk memantau pelaksanaan Program tersebut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Program akselerasi penguatan pemerintahan desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui strategi Sapa Si Gadis (Satu Padu Sinergikan Gerakan Desa Kami Tersenyum) ternyata mampu mendorong desa model untuk mengaplikasikan sistem informasi dan pelayanan desa terpadu secara online.

Hal ini dinyatakan Asisten Bidang Pemerintahan selaku reformer proyek perubahan melalui Program Sapa Si Gadis di sela launching paket implementasi Sapa Si Gadis baru-baru tadi oleh Plt Bupati HST H A Chairansyah di Desa Banua Jingah Kecamatan Barabai.

“Dengan demikian warga dapat langsung mengakses informasi untuk mendaftarkan diri guna medapatkan pelayanan administrasi dari kantor kepala desa. Sedangkan untuk tanda tangan masih harus ke kantor desa karena masih dalam tahap penyempurnaan program aplikasi,” ujar Rafiq.

Menurut Rafiq Selain di Desa Banua Jingah, pelayanan publik terpadu dengan menggunakan system aplikasi secara online ini juga diterapkan pada tiga desa model lainnya yaitu, Bakapas, Mandingin dan Awang Besar.

“Ke depan kita harapkan sistem pelayanan terpadu menggunakan system aplikasi secara online dapat diterapkan di desa-desa lainnya,” tambahnya.

Plt Bupati HST H A Chairansyah menyatakan bangga dengan adanya program Sapa Si Gadis yang digagas oleh Asisten Bidang Pemerintahan Ainur Rafiq.

“Kita dukung penuh program Sapa Si Gadis karena dapat meningkatkan sinergitas dan optimalkan peran dan fungsi dari stakeholder terkait dalam upaya mewujudakan desa yang lebih maju dan mandiri di HST,” katanya.

Ada tujuh paket implementasi yang diluncurkan melalui Program Sapa Si Gadis yaitu penguatan kapasitas Pembakal dan perangkat desa, penguatan kapasitas BPD, pembinaan BUMDes dan usaha masyarakat, penghijauan desa, Sistem Informasi dan Pelayanan Desa terpadu, pelayanan terpadu bernuansa islami dan desa berkah Asmaul Husna.

“Program Sapa Si Gadis bermanfaat membantu kelancaran perencanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemeritnahan desa serta meningkatkan kualitas” ujar Pembakal Desa Banua Jingah Khairani. (*/AOL)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved