Berita Tabalong

Bawaslu Tabalong Buat Fakta Integritas untuk Kades dan Lurah untuk Pemilu 2019, Ini Tujuannya

Secara bergiliran jajaran Bawaslu Tabalong menyambangi 10 lurah dan 121 kades di kantornya untuk menyampaikan fakta integritas.

Bawaslu Tabalong Buat Fakta Integritas untuk Kades dan Lurah untuk Pemilu 2019, Ini Tujuannya
HO/Bawaslu
Penyerahan fakta integritas dari Bawaslu kepada Kades Masukaw 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Upaya pencegahan terjadinya pelanggaran netralitas bagi aparatur pemerintahan kembali dilakukan jajaran Bawaslu Tabalong.

Kali ini secara khusus Bawaslu menginisiasi pembuatan fakta integritas yang ditandatangani langsung seluruh lurah dan kades yang ada di Tabalong.

Secara bergiliran jajaran Bawaslu Tabalong menyambangi 10 lurah dan 121 kades di kantornya untuk menyampaikan fakta integritas.

Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan mengatakan hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan untuk memastikan tidak ada kepala desa maupun lurah di Bumi Sarabakawa yang terlibat politik praktis.

"Sesuai dengan amanah UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dimana salah satu tugas Bawaslu adalah melakukan upaya pencegahan pelanggaran dan mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye," katanya.

Baca: Hasil Piala AFF Futsal 2018 - Timnas Futsal Indonesia Kalah Tipis Atas Malaysia, Skor Akhir 5-7

Baca: Link Live Streaming RCTI Liga Champion Malam Ini, Inter Milan vs Barcelona, Red Star vs Liverpool

Atas dasar itulah Bawaslu Tabalong melakukan upaya pencegahan pelanggaran tindak pidana pemilu terhadap keberpihakan dan ketidaknetralan unsur ASN, termasuk lurah dan kades se Tabalong, melalui komitmen bersama yang ditandatangani semua lurah dan kades.

Ditambahkannya, fakta integritas ini sengaja dibuat untuk menjaga komitmen kades dan lurah se Tabalong untuk mendukung dan mensukseskan Pemilu Tahun 2019.

Serta tidak terlibat dalam seluruh kegiatan politik peserta pemilu sebelum, sesudah dan selama kampanye Pemilu Tahun 2019 yang dapat berakibat diberikannya sanksi pidana.

Masih menurut Hirsan, dalam fakta integritas tersebut terdapat 8 poin komitmen yang akan dilaksanakan oleh para lurah dan kepala desa.

Harapannya dengan adanya fakta integritas ini dapat menjadi landasan serta acuan para lurah dan kades untuk tidak membuat keputusan dan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu di kabupaten Tabalong.

"Ini juga mendapat respon positif dari bupati, kajari dan kapolres Tabalong sebagai penasihat sentra Gakkumdu," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved