Daftar 10 Universitas yang Dapat Penghargaan Komisi Informasi 2018, ULM Masuk 10 Besar

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali mendapat Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik di Istana Wakil Presiden.

Daftar 10 Universitas yang Dapat Penghargaan Komisi Informasi 2018, ULM Masuk 10 Besar
istimewa/ Universitas Lambung Mangkurat
Wakil rektor empat bidang perencanaan, kerjasama dan hubungan masyarakat ULM Prof Yudi Firmanul Arifin dan Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi MSi MSc 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali mendapat Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik di Istana Wakil Presiden. 

Tahun ini merupakan tahun ke empat ULM dalam meraih penghargaan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat.

ULM Mendapat penghargaan karena termasuk badan publik dalam kategori perguruan tinggi yang setelah melewati banyak tahapan penilaian dinyatakan sebagai badan publik yang cukup informatif.

Penghargaan penganugerahan KIP tahun 2018 ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Bapak H. Jusuf Kalla dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana di Istana Wakil Presiden.

Baca: Makam Bocah 9 Tahun di Banjarmasin Dibongkar, Begini Penjelasan Polisi

Baca: Prakiraan Cuaca Sejumlah Daerah di Kalsel Selasa (6/11), Beberapa Daerah Waspada Hujan

Baca: 6 Fakta Lagu Thailand Kwik Kwik Kwik, Berbau Seksi Hingga Penyanyi Menangis Hingga Dihujat

Baca: Live Streaming & Jadwal Fuzhou China Open 2018, Selasa (6/11), Marcus/Kevin, Tontowi/Liliyana!

10 besar perguruan tinggi yang meraih penghargaan ini yakni :

1. IPB (Informatif)
2. Untan (Menuju Informatif)
3. UI (Menuju Informatif)
4. UB (Menuju Informatif)
5. UGM (Menuju Informatif)
6. UNP (Menuju Informatif)
7. UM (Menuju Informatif)
8. ITB (Menuju Informatif)
9. UNPAD (Cukup Informatif)
10. ULM (Cukup Informatif).

Baca: Pembelaan Jokowi Soal Tuduhan PKI Jelang Pilpres 2019, Fakta Tahun Lahir Hingga Orangtua

Baca: Reaksi Aktor Korsel Lee Jong Suk Saat Dideportasi dari Indonesia Oleh Pihak Imigrasi

Baca: Jawaban Ahmad Dhani Ketika Dimintai Komentar Soal Maia Estianty dan Irwan Mussry yang Menikah

Pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik di tahun 2018 ini dilaksanakan terhadap 460 badan publik yang terdiri atas 7 kategori yaitu, Kementerian, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negara, Lembaga Non Struktural, Badan Usaha Milik Negara, Partai Politik, dan Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam kategori perguruan tinggi total ada 134 perguruan tinggi yang dikirimi Self Assessment Questionnery (SAQ) dan hanya 94 badan publik yang mengisi dan mengirimkannya kembali kepada Komisi Informasi Pusat.

Setelah SAQ dikirimkan dilanjutkan dengan pelaksanaan verifikasi dari kuesioner tersebut oleh tim monitoring dan evaluasi

Keterbukaan Informasi Publik. Tahap akhir yaitu presentasi, dimana masing-masing badan publik diberi kesempatan untuk mempresentasikan pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang sudah dilakukan kepada tim penilai untuk mengukur 5 KO (Komitmen, Koordinasi, Komunikasi, Kolaborasi, Konsisten).

Maksud dan tujuan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik yakni, untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik, sehingga tujuan untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan informasi publik yang berkualitas kepada masyarakat terlaksana dengan baik.

Baca: Besok Arba Mustakmir, Hari Rabu Terakhir Bulan Safar, Begini Anjuran Ustadz Abdul Somad

Baca: Penjelasan Hasil Investigasi KNKT Soal Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610, Badan Hanya Serpihan

Baca: Cek Harga Tiket Piala AFF 2018, PSSI : Distribusi Tiket Secara Online

Wakil Presiden RI menyampaikan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan energi untuk mencerdaskan bangsa dan harus terus dilaksanakan, didorong dan diawasi agar bisa terus berjalan dengan baik.

Terkait dengan penghargaan yang diterima ULM, Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi MSi MSc yang juga hadir untuk menerima penghargaan ini menyampaikan ucapan syukur karena ULM dalam 4 tahun ini secara berturut-turut mendapatkan penghargaan penganugerahan keterbukaan informasi publik.

"Ke depannya ULM akan terus membenahi dan meningkatkan kualitas dalam pelaksaanan keterbukaan informasi. akan membuat inovasi-inovasi dalam pelaksanaan keterbukaan informasi untuk mendukung pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan untuk mencapai kategori informatif dalam pelaksanaan monev keterbukaan informasi publik," ucap Rektor.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved