Berita Banjarmasin

SDN Pasar Lama 3 Terpaksa Berlakukan Shif Siang Selama 2 Tahun, Ini Penyebabnya

SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin terpaksa memberlakukan jam masuk anak sekolah shif siang selama dua (2) tahun terakhir.

SDN Pasar Lama 3 Terpaksa Berlakukan Shif Siang Selama 2 Tahun, Ini Penyebabnya
Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
KONDISI ruang kelas SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Dinding dan tiang gedung kelas bertingkat di SD setempat yang retak dan nyaris runtuh. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin terpaksa memberlakukan jam masuk anak sekolah shif siang selama dua (2) tahun terakhir. Pola ini diterapkan karena jumlah kelas terlalu sedikit dan tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada.

“Mau-ngga mau kita berlakukan masuk shif siang selain shif pagi karena kami selama dua tahun terakh kurang kelas. aRuang kelas bertingkat sejak 2016 silam kondinyag nyaris runtuh dan tak bisa dipakai. Saat ini belum ada rehab. Kalau survai dari dinas pendidikan sudah ada,” kata

Wakil Kepala Sekolah bidang sarana prasarana SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin, Reza, Selasa (6/11/2018), Dijelaskan Reza, untuk kelas I tahun ini cuma bisa nerima 2 kelas yakni kelas A dan kelas B.

Keputusan menerima dua kelas ini karena kondisi sekolah saat iinkekurangan kelas. Saat ini minat orangtua unruk menyekolahkan anaknya di SDN pasar lama 3 juga berkurang karena sekolah kekurangan kelas.

“Untuk kelas II ada 3 kelas A B dan C,” katanya.

Baca: Besok Arba Mustakmir, Hari Rabu Terakhir Bulan Safar, Begini Anjuran Ustadz Abdul Somad

Dipaparkannya, untuk mushola digunakan anak kelas V karena berjumlah cukup banyak sekitar 85 siswa. Untuk shif siang diberlakukan untuk kelas 1, yakni masuk mulai pukul dari pukul 11.00 sampai 13.20 Wita.

“Kelas II masuk kelas mulai pukul 7.45 sampai 10.40 Wita, “ katanya.

Menurut Reza, dengan pemberlakukan shif sidan ini membuat siswa juga mininal menerima pelajaran. Dampak lainnya, antusias para calon orangg tua yang menginginkan anaknya masuk SDN Pasar lama3 menjadi berkurang siqnifikan.

Kabid Pembinaan SD Dinas PendidikanKota Banjarmasin, Nuryadi, Spd, saat dikonfirmasi sudah membuat perencanaan agar ruang kelas bertingkat di SDN Pasar Lama 3 itu dirubah menjadi satu tingkat saja.

“Tongkat patah di tengah ruang kelas bertingkat akan kita perbaiki. Nanti ruan kelas itu akan diberi atap dan plafon sehingga menjadi satu kelas. Nanti di ruang atas kita hilangkan. Ini untuk mengatasi kekurangan satu kelas,” katanya.

Baca: Banyak Umat Muslim Laksanakan Sholat Rebo Wekasan atau Arba Mustakmir, Ini Hukumnya Dalam Islam

Ditambahkannya, saat ini pergerjakan perbaikan kelas ini sudah dimulai dan akhir November ini selesai. Untuk rencana penam bahan ruang kelas di SDN Pasar Lama 3 akan direncanakan memakai dana alokasi khusus (DAK) pada 2019.

“Mudah-mudahan pada 2019 ini, SDN Pasar Lama 3 mendapatkan DAK,” katanya.

Dijelaskanya, ada informasi yang menyebutkan dana Rp46 milar dari DAK untuk rehab lokal atau ruang kelas yang diajukan dinas pendidikan Banjarmasin disetujui. Nah, jika dana itu disetujui, maka kelas-kelas rusak akan diperbaiki.

“DAK dari kementrian pendidikan masih kita tunggu pencairan,” katanya.

Menurutnya, shif pagi siang di SDN Pasar Lama 3 akan dicek oleh dinas pendidikan dan dicarikan solusinya agar ada rasa kenyamanan bagi siswa dan orangtua yang melakukan pejembuatan ke sekolah. (ogi)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved