Berita Banjarmasin

Tips Sukses Atasi Stres Ala Psikolog Cantik Banua, Simak Penjelasannya

erbagai macam persoalan saat ini yang dihadapi seseorang tentunya mempunyai dampak tersendiri salah satunya adalah stres

Tips Sukses Atasi Stres Ala Psikolog Cantik Banua, Simak Penjelasannya
istimewa/ dokumen pribadi Sabrina Mahfoed
Psikolog, Sabrina Mahfoed 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Berbagai macam persoalan saat ini yang dihadapi seseorang tentunya mempunyai dampak tersendiri salah satunya adalah stres dan hal ini adalah sesuatu hal yang wajar dialami oleh setiap orang.

Tentunya hal ini perlu diperhatikan oleh setiap orang pasalnya stres bisa menimbulkan dampak lainnya.

Satu psikolog Banua Sabrina Mahfoed saat diajak berbincang Insight menuturkan setiap orang pasti pernah merasakan stres seperti mudah marah, merasa tertekan, kesepian, sulit tidur, dan lainnya.

"Banyak hal yang menyebabkan seseorang bisa mengalami stres. Stres ada yang memberikan dampak positif dan negatif. Stres yang memberikan dampak positif misalnya ketika kita bisa bekerja lebih cepet ketika mendekati target waktu," ucap Psikolog di RSJ Sambang Lihum ini.

Baca: Yusril Ihza Mahendra Beberkan Kelemahan Koalisi Kubu Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019

Sedangkan stres yang memberikan dampak negatif harus segera diatasi, agar tidak menjadi berkepanjangan. Menurutnya stres akan selalu ada karena merupakan bagian dari hidup. Dan enghindari stres bisa dilakukan dengan cara mengelola stres dengan baik atau setidaknya jangan biarkan stres berlebihan.

Kenali gejala stres dan pahami berbagai konsekuensi stres jangka panjang bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Menurut wanita kelahiran Surabaya, 18 Juli 1988 ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi stres.
Pertama, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa yang menyebabkan stres, sehingga dapat mengantisipasi hal apa saja yang dapat di lakukan untuk mencegah atau melawan stres.

Selanjutnya, kita dapat melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran, seperti
peratama, menenangkan diri dengan mengambil napas panjang dan menutup mata, kedua .mengubah pola pikir yang dimiliki dari sudut pandang yang dapat membuat marah atau kecewa menjadi sudut pandang yang dapat membuat merasa lebih baik,

Baca: Jawaban Menohok Direktur BIN Soal Tudingan Ada Peran Intelijen Saat Habib Rizieq Diamankan

Ketiga menjalin komunikasi dengan orang-orang di sekitar seperti keluarga, teman, tetangga yang membuat kita nyaman, karena kita memerlukan sahabat dan keluarga sebagai tempat untuk berbagi permasalahan yang bersedia mendengarkan , keempat melakukan olahraga, melakukan hobi atau kegiatan yang disukai,

"Kemudian fokus menjalani kehidupan saat ini, yaitu dengan fokus pada diri sendiri, apa yang ingin dikerjakan, dan kemampuan yang ingin ditingkatkan, menghindari situasi yang membuat mudah merasakan emosi negatif," tuturnya.

Selain itu mengelola waktu dengan mengatur jadwal dan membuat rencana hal-hal yang perlu dilakukan, istirahat yang cukup

Baca: Ini Kronologi & Rekaman Percakapan Pilot Lion Air JT 610 yang Jatuh, Kotak Hitam Ditemukan

"Setiap orang memiliki cara melawan stres yang berbeda-beda. Pilihlah cara mengatasi stres dengan cara-cara yang menurut Anda paling nyaman dilakukan. Jika tingkat stres berada di luar kemampuan untuk mengendalikannya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada ahli," paparnya.

(banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved