Fikrah

Cinta Allah Cinta Makhluk-Nya

ISLAM satu-satunya agama (yang diridhai) di sisi Allah. (QS Ali-Imran 19). Islam mengatur tata hubungan dengan Allah

Cinta Allah Cinta Makhluk-Nya
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
KH Husin Naparin 

Oleh: KH Husin Naparin, Ketua Umum MUI Provinsi Kalsel

ISLAM satu-satunya agama (yang diridhai) di sisi Allah. (QS Ali-Imran 19). Islam mengatur tata hubungan dengan Allah (hablun minallah) dan tata hubungan dengan sesama manusia (hablun minannas), antara keduanya harus seimbang, Allah SWT berfirman, mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia ... (QS Ali-Imran 112).

Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Mukasyafah al-Qulub menceritakan tentang Abu bin Hasyim seorang ahli ibadah, khususnya tahajud, bertahun-tahun tidak pernah absen melakukannya. Suatu malam saat hendak mengambil wudhu untuk tahajud, Abu dikagetkan oleh keberadaan sesosok makhluk yang duduk di tepi sumurnya; ternyata dia seorang malaikat.

Abu bangga kedatangan tamu malaikat mulia itu, lalu bertanya. Apa yang sedang kamu lakukan di sini? Dia menjawab, Aku disuruh mencari hamba pencinta Allah. Melihat malaikat itu memegang kitab tebal, Abu lalu bertanya;

Wahai malaikat, buku apakah yang kamu bawa?

Ini adalah kumpulan nama hamba-hamba pencinta Allah, jawabnya.

Mendengar jawaban itu, Abu Hasyim berharap dalam hati namanya ada di situ, dia bertanya kembali. Wahai malaikat, adakah namaku di situ? Abu Hasyim yakin namanya tercatat di situ, mengingat ibadahnya tidak pernah putus setiap malam mengerjakan tahajud, berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT di sepertiga malam.

Baiklah, aku buka, kata malaikat. Ternyata nama Abu bin Hasyim, tidak ditemukan di dalamnya. Tidak percaya, Abu meminta malaikat mencarinya sekali lagi. Betul, namamu tidak ada di dalam buku ini!

Abu pun gemetar dan jatuh tersungkur di depan malaikat.

Dia menangis sejadi-jadinya. Alangkah ruginya diriku yang selalu tegak berdiri di setiap malam dalam tahajud dan munajat, tetapi namaku tidak termasuk golongan para hamba pecinta Allah, ratapnya.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved