Berita Tanahlaut

Pekan Depan, KPU Tanahlaut Tetapkan DPT Hasil Perubahan Kedua

Rapat itu melibatkan partai politik, badan pengawas pemilu dan panitia pemilihan kecamatan se Kabupaten Tanahlaut.

Pekan Depan, KPU Tanahlaut Tetapkan DPT Hasil Perubahan Kedua
mukhtar wahid
Warga melihat DPT Pemilu 2019 yang disebar KPU Kabupaten Tanahlaut di Desa Jorong, Kecamatan Jorong, Sabtu (10/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut menggelar rapat koordinasi dan singkronisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan 1 di Aula Kantor KPU setempat, Sabtu (10/11/2018).

Rapat itu melibatkan partai politik, badan pengawas pemilu dan panitia pemilihan kecamatan se Kabupaten Tanahlaut.

Hasilnya diperoleh angka perbaikan yang sebelumnya DPT Hasil Perbaikan berjumlah 230.119 pemilih sepertinya bertambah menjadi 245.945 pemilih.

Baca: Jokowi Nantang: Kok Tak Ada Demo Depan Istana Setelah Pemerintah Rebut 51 Persen Saham Freeport?

Rudy Praktikno, anggota KPU Kabupaten Tanahlaut, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menjelaskan rapat tersebut untuk melihat hasil pencermatan dan perbaikan.

Baca: Jawaban Sandiaga Uno Saat Ditanya Target Pemilih Kalsel untuk Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019

"Alhamdulillah, dari hasil rapat koordinasi dan pencermatan bersama partai politik dan Bawaslu Kabupaten Tanahlaut data pemilih sudah tersingkron. Tidak ada tanggapan dari partai politik maupun dari Bawaslu Kabupaten Tanahlaut," katanya.

Rudy mengaku sebelum melakukan rapat koordinasi dan singkronisasi daftar pemilih, pihaknya selama 60 hari bekerja melakukan pencermatan dan perbaikan data pemilih di Kabupaten Tanahlaut secara bersama-sama.

Baca: Sandiaga Uno Tawarkan Permagangan untuk Lulusan Baru di Banjarmasin, Begini Konsepnya

"Hasil rekapitulasi data pemilih di tingkat PPS atau desa dilanjutkan dengan hasil rekapitulasi data pemilih di tingkat kecamatan hingga hari ini belum menerima tanggapan dari partai politik dan Bawaslu Kabupaten Tanahlaut. Artinya tinggal menunggu hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten yang dilaksanakan awal pekan ini," katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tanahlaut, Gunawan Rahayu dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, usai mengikuti rapat tersebut, mengaku tidak memberikan tanggapan karena angka percermatan dan perbaikan data pemilih sesuai dengan hasil pengawasan di jajaran Bawaslu Kabupaten Tanahlaut.

Baca: Jadwal Terbaru Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 Kemenkumham, Cek Link di Sini

"Angkanya sesuai dengan hasil pencermatan Panitia Pengawas Kecamatan sehingga kami tidak memberikan tanggapan," katanya.

Wakil Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Tanahlaut, H Abdoerachim usai mengikuti rapat menilai percermatan dan perbaikan data pemilih yang dilaksanakan KPU Kabupaten Tanahlaut sudah mencapai 90 persen.

Abdoerachim mengaku kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, prosentasi 90 persen data pemilih yang disajikan KPU Kabupaten Tanahlaut itu masih dapat berubah karena pemilih pemula belum semuanya terdaftar saat pemilihan nanti.

"Saat ini setiap calon legislatif di partai Gerindra Tanahlaut proaktif melakukan pengecekan bagi warga Desa yang belum memiliki KTP elektronik. Itu termasuk pendampingan warga agar melakukan perekaman KTP elektronik," katanya. (banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved