Berita Balangan

Peran Perempuan Asal Balangan di Wasaka Team ULM yang Melahirkan Mobil Hemat Energi.

Karya Wasaka Team berhasil menjadi finalis di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November -1 Desember 2018.

Peran Perempuan Asal Balangan di Wasaka Team ULM yang Melahirkan Mobil Hemat Energi.
istimewa
Perempuan asal Kabupaten Balangan yaitu Rajiah Haniah berhasil masuk dalam Wasaka Team Fakultas Teknil ULM dengan karya mobil hemat energi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dibalik suksesnya Wasaka Team Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang bergerak di bidang mobil hemat energi, ternyata ada peran seorang perempuan asal Kabupaten Balangan yaitu Rajiah Haniah.

Diketahui karya Wasaka Team berhasil menjadi finalis di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November -1 Desember 2018 bertempa di Universitas Negeri Padang.

Kepada banjarmasinpost.co.id, perempuan kelahiran Hamparaya 16 Juni 1999 ini menceritakan awal mula dirinya bisa kuliah dan bergabung di Wasaka Team.

Alumni MAN 1 Balangan ini kuliah mengambil jurusan Teknik kimia pada Fakultas Teknik, ULM, sebelum bisa mengambil jurusan tersebut ada banyak halangan yang harus dilaluinya.

"Awalnya saat saya masih bersekolah di MAN 1 Balangan, saya selalu mengikuti lomba tentang penelitian yaitu karya tulis ilmiah dari tingkat kabupaten hingga nasional, oleh karena itu, saya ingin melanjutkan hobi saya untuk meneliti, dan jurusan yang tepat untuk hobi saya tersebut yaitu di teknik kimia," ungkapnya.

Baca: Detik-detik Korban Tragedi Kereta Surabaya Membara Terekam Kamera, Ini Videonya

Baca: Lahir di Martapura, AKBP Eko Pernah Bertugas di Berbagai Tempat dan Sering Bongkar Kasus Besar

Akan tetapi lanjutnya, ayah meninggal ketika masih bersekolah di MAN 1 Balangan. Hal ini membuat ibu tidak menyanggupi untuk mewujudkan cita-cita untuk bisa kuliah karena bekerja tinggal seorang diri.

Karena keinginan yang sangat besar, lalu memberanikan diri untuk datang menemui Wakil Bupati Balangan dengan tujuan untuk bisa mendapat bantuan agar bisa melanjutkan kuliah.

"Setelah menemui beliau alhasil saya dapat melanjutkan kuliah, Pak Syaifullah berpesan kepada saya agar fokus pada satu tujuan, jangan menyimpang apalagi alasan laki-laki, kalimat beliau memotivasi saya untuk berjuang lebih keras dan harus membuktikan bahwa bapak wakil tidak akan sia-sia membantu menguliahkan saya," jelasnya.

Saat ini dirinya bersyukur bisa bergabung dalam sebuah tim yang berada dibawah naungan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang mempunyai nama yaitu Wasaka Team.

Menurutnya, Wasaka Team adalah tim yang bergerak dibidang mobil hemat energi yaitu dengan riset untuk pengefesienan bahan bakar, sesuai dengan hobi yang selama ini digelutinya saat sekolah dulu.

Halaman
123
Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved