Pilpres 2009

SBY Sebut Partai Pengusung Capres-Cawapres Diuntungkan di Pemilu Serentak 2019

Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) menilai Pemilu 2019 sangat menguntungkan bagi PDI-P dan Gerindra karena berlangsung serentak.

SBY Sebut Partai Pengusung Capres-Cawapres Diuntungkan di Pemilu Serentak 2019
tribunnews.com
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat memberikan kata sambutan pada acara rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 dengan mengusung tema Demokrat Siap di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018). Meskipun SBY menyatakan Demokrat belum menentukan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pemilu 2019, dalam pidatonya, ia berulang kali menampilkan sinyal dukungan terhadap Jokowi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemilu 2019 yang dilaksanakan serentak, PIlpres 2019 dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 memberikan keuntungan bagi partai pengusung Capres, terutama calon presiden atau wakil presiden dari kader partai sendiri.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) menilai Pemilu 2019 sangat menguntungkan bagi PDI-P dan Gerindra karena berlangsung serentak.

Sebab keduanya mengusung kader sendiri sebagai capres yang elektabilitasnya membawa limpahan suara bagi partai dalam pemilu legislatif.

"Pemilu 2019 ini dilaksanakan secara serentak. pilpres bersamaan dengan pileg. Survei membuktikan saat ini membuktikan bahwa partai politik yang punya capres sangat diuntungkan," ujar SBY dalam pidato pembukaannya dalanm acara pembekalan caleg Demokrat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Baca: KemenPAN RB Janjikan Solusi Bagi Peserta Tak Lolos Tes SKD Karena Passing Grade Tes CPNS 2018

Baca: Link Live Streaming Semifinal Fuzhou China Open 2018 - Marcus/Kevin Ahsan/Hendra Vs China

"Contohnya PDI-P dengan Pak Jokowi sebagai capres kader partai itu dan Gerindra dengan Pak Prabowo sebagai capres kader Gerindra," lanjut SBY.

Presiden keenam RI itu menambahkan, hal tersebut tercermin dalam sejumlah survei yang menunjukan suara PDI-P dan Gerindra meningkat tajam di Pileg 2019.

Sebaliknya, lanjut SBY, partai-partai yang tak mengusung capres atau cawapres suaranya anjlok di pileg.

SBY menganggap hal itu merupakan tantangan berat bagi Demokrat lantaran tak mengusung capres atau cawapres di Pilpres 2019. Namun demikian ia tetap optimistis partainya bisa sukses di Pileg 2019.

"Kalau tantangan kita berat harus saya katakan demikian, tanpa mengurangi keyakinan dan optimisme saya. Kalau kita sunguh berikhtiar, terbuka peluang bagi Demorat untuk sukses di tahun depan," lanjut SBY. (Kompas.com)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved