Ekonomi dan Bisnis

Cuma 1,25 Menit, Alibaba di Singles Day China Raih Penjualan Rp 21 Triliun

Dikutip dari Bloomberg, Minggu (11/11/2018), penjualan Alibaba mencapai angka 1,44 miliar dollar AS

Cuma 1,25 Menit, Alibaba di Singles Day China Raih Penjualan Rp 21 Triliun
@AlibabaGroup/ Twitter
Sebuah layar menampilkan penghitungan nilai transaksi Alibaba dalam ajang Hari Jomblo 2017 di China. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, HONG KONG – Hanya dalam waktu 1 menit 25 detik dimulainya Singles Day, penjualan raksasa e-commerce China Alibaba dilaporkan telah menembus 1 miliar dollar AS.

Hal tersebut terkait pesta belanja online terbesar di dunia Single’s Day atau 11.11.

Dikutip dari Bloomberg, Minggu (11/11/2018), penjualan Alibaba mencapai angka 1,44 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 21 triliun.

Sementara itu, CNBC mewartakan, gelaran pesta diskon Singles Day jauh lebih besar dalam hal penjualan ketimbang Black Friday dan Cyber Monday di AS bila digabungkan. Penjualan ini dibukukan di tengah tekanan yang berasal dari perlambatan ekonomi China.

Baca: Live Beinsport 1! Cara Nonton Live Streaming Liverpool vs Fulham Liga Inggris Pekan 12 di Smartphone

Selain itu, ada pula kondisi munculnya pesaing-pesaing baru di industri e-commerce dan perang dagang dengan AS. Pada bulan ini, Alibaba mengoreksi proyeksi pendapatannya sebesar 6 persen untuk tahun ini.

Baca: Samsung Luncurkan Ponsel Flip Dua Layar W2019, Lihat Harganya Bikin Kamu Galau!

“Kemungkinan akan ada perlambatan pertumbuhan pada penjualan Singles Day, karena mereka telah mengalami pertumbuhan eksponensial sebelumnya. Sejalan dengan festival (belanja) ini semakin terbentuk kuat, kita bisa mengekspektasikan bahwa tingkat pertumbuhannya akan melambat,” sebut Xiaofeng Wang, analis dari biro riset Forrester.

Singles Day adalah hari besar tak resmi di China untuk merayakan mereka yang jomblo alias tak memiliki pasangan. Tanggal 11 bulan 11 dimaksudkan untuk menyimbolkan para jomblo yang sendirian.

Baca: Manchester City Vs Manchester United - Gawat! Wasit yang Memimpin Diduga Fans MU

Alibaba mulai menawarkan diskon pada Singles Day pada tahun 2009. Sejak saat itu, Singles Day jadi pesta belanja online terbesar di china.

Beberapa platform e-commerce asal China lainnya juga turut serta dalam Singles Day, seperti JD.com. Pesta belanja online tersebut pun mulai merambah ke luar China.

Lini bisnis Alibaba di Asia Tenggara, Lazada, juga menawarkan diskon Singles Day di Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved