Berita Banjarbaru

FMIPA dan Kehutanan ULM Tampilkan Berbagai Produk Unggulan di Expo KMI

Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat ikuti Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI).

FMIPA dan Kehutanan ULM Tampilkan Berbagai Produk Unggulan di Expo KMI
FOTO ULM
Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat ikuti Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat ikuti Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI).

Pada expo ini mahasiswa ULM dari FMIPA dan Fakultas Kehutanan lolos seleksi yang diadakan Kemenristekdikti.

Untuk itu berkesempatan menampilkan berbagai macam produk unggulan di bidang jasa, produk, industri kreatif, budidaya serta makanan.
Expo KMI merupakan ajang pertemuan mahasiswa wirausaha se-Indonesia yang telah dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha.

"Para mahasiswa tersebut adalah agent of change yang dapat mengubah pola pikir mahasiswa lainnya dan masyarakat pada umumnya dari pola pikir pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja," ucap Rektor ULM Prof Sutarto Hadi, Minggu (11/11).

Baca: Sesat Di Hutan Sampai Lidah Mati Rasa Selama Tiga Hari Gara-gara Mencari Tanaman Buah Langka

Baca: Pascamenikah, Maia Estianty Kunjungi Usaha Milik Irwan Mussry, Pegawai Ungkap Sikap Maia

Baca: Masih Berseteru dengan Dewi Perssik, Rosa Meldianti Bicara Masalah Karma

Expo KMI ini bertujuan untuk mengelorakan semangat kewirausahaan melalui kompetisi bisnis dari berbagai program kewirausahaan yang telah dilakukan oleh 124 perguruan tinggi di Indonesia yang juga turut berpartisipasi.

"Menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia. Expo KMI ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang tahun ini dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor dengan mengangkat tema Penguatan Wirausaha Mahasiswa Indonesia melalui Techno-Sociopreneurship menghadapi Revolusi Industri 4.0," ucap pembina pusat inovasi kewirausahaan dan bisnis ULM Totok Wianto.

Program ini dilaksanakan sebagai solusi dalam menghadapi technology distruption yang merupakan salah satu perkembangan dan tantangan yang terjadi di dunia kerja saat ini.

Selain Expo KMI, pada kegiatan ini juga dilaksanakan Talk Show Kewirausahaan serta sarasehan untuk mendiskusikan Pembentukan Indonesia Student Entrepreneurship Network, Program Kewirausahaan Nasional, dan Program Magang Kewirausahaan.

Direktur Pembelajaran, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin membuka secara resmi rangkaian Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia menyampaikan bahwa program seperti ini harus terus diselenggarakan untuk terus menumbuhkan semangat wirausaha yang dalam beberapa waktu belakangan ini mulai menurun.

Di akhir sambutannya Didin Wahidin menyampaikan bahwa tidak akan lagi ada istilah pengangguran dikemudian hari apabila dari setiap lulusan perguruan tinggi mempunyai jiwa wirausaha.

Beliau berharap, selain untuk memamerkan produk yang telah dihasilkan kegiatan ini juga diharapkan bisa menyadarkan dan merangsang inovasi dari mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda yang akan membawa kemakmuran kepada bangsa Indonesia.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved