Pembudiaya Buah Langka di Balangan

Kumpulkan Tanaman Buah Langka, Hanif Berkeliling Masuk Hutan di Enam Kabupaten di Kalsel

Ternyata mengumpulkan tanaman buah langka tak hanya dilakukan Hanif Wicaksono di Kabupaten Balangan saja, bahkan ternyata di Kalsel.

Kumpulkan Tanaman Buah Langka, Hanif Berkeliling Masuk Hutan di Enam Kabupaten di Kalsel
foto-foto dok/hanif wicaksono
Mohamad Hanif Wicaksono dengan durian merah khas Kalimantan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Ternyata mengumpulkan tanaman buah langka tak hanya dilakukannya di Kabupaten Balangan saja, bahkan ternyata di Kalsel, beberapa kabupaten di Kalsel pernah dilakukannya pencarian buah tanaman langka.

"Saya eksploitasi ada enam kabupaten selain di Balangan juga dari Banjarmasin, Tapin, Kandangan, Barabai, dan Tabalong," ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya, khusus di Balangan lokasi daerah yang banyak menyimpan tanaman buah langka adalah di Desa Marajai Kecamatan Halong.

Oleh karenanya, ia sangat mengharapkan Desa Marajai jangan sampai hilang dan harus menjadi perhatian bersama, karena banyak menyimpan kekayaan tanaman buah langka.

Baca: Hanif Sudah Kumpulkan 160 Jenis Tanaman Buah Langka Asli Kalimantan

Baca: Pembudidaya Buah Langka di Balangan, Awalnya Penasaran Karena Buahnya Tak Ada di Jawa

"Saya berharap Desa Marajai bisa menjadi desa plasma, sebabnya sumber daya genetiknya banyak potensinya luar biasa tapi belum terolah," katanya.

Setidaknya khusus di Desa Marajai Hanif berhasil mengumpulkan sekitar 50 jenis tanaman buah langka, bahkan ada lokasi yang cukup kecil terdapat ada 20 sepesis tanaman langka.

"Oleh karena saat ini saya terus memberikan pengetahuan kepada masyarakat setempat bagaimana seperti cara mencangkuk serta pelatihan lainnya," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved