Berita Kabupaten Banjar

Mahasiswa ULM Pagi Ini Door to Door di Pematangbaru, Ini yang Mereka Lakukan

Agendanya yakni sosialisasi komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) perilaku hidup sehat. Kegiatan konseling ini dikakukan secara door to door.

Mahasiswa ULM Pagi Ini Door to Door di Pematangbaru, Ini yang Mereka Lakukan
HO/Himpunan Hasis Farmasi Avi Cenna ULM
KONSELING - Mahasiswa Farmasi MIPA ULM door to door ke rumah warga di Desa Pematangbaru. Sekain pemeriksaan kesehatan, mereka juga melakukan konseling hidup sehat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Himpunan Mahasiswa Farmasi Avi Cenna, MIPA, Universitas Lambung Mangkurat (ULM), kembali melanjutkan bhakti sosialnya, Minggu (11/11/2018) hari ini di Desa Pematangbaru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Agendanya yakni sosialisasi komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) perilaku hidup sehat. Kegiatan konseling ini dikakukan secara door to door dan dimulai pagi ini.

Cukup banyak mahasiswa yang terlibat pada kegiatan tersebut. "Jumlahnya 69 orang. Mereka adalah mahasiswa baru farmasi yang dapat tugas turun ke rumah-rumah warga untuk menyampaikan edukasi kesehatan," ucap Muhammad Luthfi Firdaus, ketua Panlak Desa Farmasi, Minggu (11/11/2018).

Sekadar diketahui pada kegiatan sosial kemasyarakatan kali ini, Himpunan Mahasiswa Avi Cenna ULM menempatkan Pematangbaru sebagai Desa Farmasi. Mereka turun ke kampung pinggiran ini sejak Sabtu (10/11/2018).

Baca: Egy Maulana Cetak Gol Pembuka, Lechia Gdanks Menangi Derbi, Skor Akhir 3-1

Baca: Klub Jepang Kashima Antlers Raih Gelar Liga Champions Asia 2018, Unggul 2 Gol Atas Klub Iran

Kegiatan yang mereka lakasanakan, kemarin, antara lain melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Selain itu juga ada penyerahan tiga unit bak sampah dari kalangan dosen ULM.

Hari ini, pada kegiatan konseling KIE, mereka fokus pada upaya mengajak dan mendorong warga untuk membiasaka hidup sehat. "Swrta mencegah gaya hidup yang salah, yang bisa memunculkan dampak penyakit," beber Luthfi.

Seperti apa itu? Lutfhi menyebut seperti membiasakan diri untuk selalu menggunakan air bersih, buang air kecil/besar di jamban darat, dan membuang sampah pada tempat sampah.

Dikatakannya, pola hidup yang tak sehat rentan munculnya serangan penyakit. Di antaranya diabetes melitus atau kencing manis, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan kolesterol.

Cara menerapkan pola hidup sehat, sebutnya, juga bisa diawali dengan hal sederhana atau sepele seperti istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur. Lalu makan makanan yang seimbang dan menjauhi rokok.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved