Berita Kabupaten Banjar

Tangani Difabel di Daerah, PFAI Berharap Ini pada Pemkab Banjar

Guna mengoptimalkan kegiatan sosial yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat tersebut, PFAI Kalsel mengharapkan dukungan pemerintah daerah.

Tangani Difabel di Daerah, PFAI Berharap Ini pada Pemkab Banjar
istimewa
TERAPI - Anak penyandang celebral palsy menjalani terapi oleh fisioterapi Kalsel, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Penanganan anak-anak penyandang disabilitas di seluruh wilayah Kalimantan Selatan akan segera diintensifkan oleh Perhimpunan Fisioterapi Anak Indonesia (PFAI) Kalimantan Selatan.

Guna mengoptimalkan kegiatan sosial yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat tersebut, PFAI Kalsel mengharapkan dukungan pemerintah daerah.

"Kami kan bergerak ke puskesmas-puskesmas yang ada di tiap kabupaten/kota. Tentu, kami memerlukan dukungan pemerintah daerah setempat agar kegiatan kami nanti bisa terlaksana secara lancar," ucap Ketua PFAI Kalsel Haerati, Minggu (11/11/2018).

Perempuan yang akrab disapa Ratih ini menegaskan pihaknya komitmen untuk membantu menangani anak-anak difabel atau anak berkebutuhan khusus (ABK) yang ada di Kalsel. Masyarakat tak perlu merisaukan biaya, karena ketika nanti pihaknya turun ke puskesmas, layanan akan diberikan secara gratis.

Baca: Tragedi Kereta Surabaya Membara Ungkap 5 Fakta, Teriakan MC Hingga Korban Tak Bisa Menghindar

Ratih menyebutkan jumlah ABK di Kalsel sangat tinggi sehingga perlu upaya penanganan yang intens. Termasuk penggencaran sosialisasi agar para orangtua yang memiliki ABK tak malu membawa sang anak ke puskesmas atau rumah sakit untuk menjalani terapu secara berkala.

Di Kota Banjarbaru saja pada rentang waktu Januari hingga awal November 2018, beber Ratih, ditemukan 500 anak yang mengalami autisme. Lalu, sebanyak 50 kasus celebral palsy atau anak yang mengalami kesulitan gerak.

PFAI Kalsel telah dilantik oleh Ketua Perhimpunan Fisioterapi Anak Indonesia (PFAI) Pusat, Ahmad Syakib, Sabtu (10/11/2018) di aula RSJ Sambang Lihum. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved