Berita Balangan

Debit Air Sungai Balangan Mulai Naik, Ini yang Akan Dilakukan Pihak BPBD Balangan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan terus melakukan pemantauan terkait naiknya debit air sungai Balangan.

Debit Air Sungai Balangan Mulai Naik, Ini yang Akan Dilakukan Pihak BPBD Balangan
banjarmasinpost.co.id/elhami
Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan terus melakukan pemantauan terkait naiknya debit air sungai Balangan.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (12/11/2018) Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada membenarkan saat ini debit air sungai Balangan mengalami kenaikan.

"Iya benar kami terus melakukan pemantauan, dari kondisi awalnya surut lalu di guyur hujan kurang lebih tiga hari naik setinggi 1 meter," ungkapnya.

Namun menurutnya, kondisi naiknya debit air sungai Balangan saat ini masih terbilang aman, tetapi kedepannya berpotensi meningkat, pasalnya saat ini sudah mulai memasuki musim hujan.

"Mulai bulan November 2018 sampai Februari 2019 diprediksi musim hujan, jadi intensitas hujan akan terus terjadi, biasanya Januari nanti puncak hujan dan akan ada banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Balangan," jelasnya.

Baca: Tindakan Kemenpan-RB pada Peserta CPNS 2018 yang Gugur Massal di Tes SKD CPNS 2018

Baca: Masih Ada Peluang! Gugur Tes SKD CPNS 2018, Bisa Lolos ke SKB Asalkan Penuhi Syarat Ini

Lebih lanjut disampaikannya, meski masih aman pihak BPBD Balangan sudah mulai melakukan langkah antisipasi yaitu terus mengupdate pantauan terkini dilapangan serta juga memetakan lokasi rawan banjir.

"Untuk rawan banjir wilayah yang berpotensi adalah Juai, Halong, Lampihong dan Awayan, namun untuk saat ini masih belum ada laporan adanya wilayah yang banjir meski debit air mulai naik," ujarnya.

Selain banjir, potensi longsor juga perlu diwaspadai oleh masyarakat, adapun beberapa daerah yang berpotensi ada di wilayah Halong, Tebing Tinggi, Awayan dan Lampihong.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar terus waspada, dan BPBD Balangan akan memasang spanduk informasi terkait rawan banjir dan longsor untuk mengingatkan masyarakat," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved