Bertakwa

Inovasi desa untuk kemajuan ekonomi warga

Acara yang dihadiri Kepala Desa se-Kecamatan Amuntai Tengah ini merupakan evaluasi dari Bursa Inovasi Desa tahun 2017.

Inovasi desa untuk kemajuan ekonomi warga
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Acara Pra Bursa Inovasi Desa Kecamatan Amuntai Tengah Tahun 2018, di Aula Kantor Camat Amuntai Tengah, Senin (12/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar acara Pra Bursa Inovasi Desa Kecamatan Amuntai Tengah Tahun 2018, di Aula Kantor Camat Amuntai Tengah, Senin (12/11/2018).

Acara yang dihadiri Kepala Desa se-Kecamatan Amuntai Tengah ini merupakan evaluasi dari Bursa Inovasi Desa tahun 2017. Sehingga nantinya masing-masing kepala desa bisa mendapatkan gambaran apa saja yang akan menjadi komitmen dan inovasi desa di Tahun 2018.

Acara ini dilaksanakan oleh Tim Inovasi Kabupaten bekerjasama dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).

Hj. Siti Fikriyah, S.P Sekretaris Tim Inovasi Kabupaten mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemendesa PDTT dalam percepatan penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, pelayanan sosial dasar serta infrastruktur desa.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepala desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat" ujarnya.

Ahmad Laksamana selaku tenaga ahli kabupaten program P3MD mengatakan bursa inovasi ini sendiri merupakan pameran atau pasar mengenai ide-ide yang inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan desa. Sehingga dengan adanya bursa inovasi ini bisa membangun ekonomi masyarakat kecil dan dana desa yang dikucurkan itu lebih bermanfaat dalam menciptakan keterampilan baru yang bisa dilakukan masyarakat desa.

"Bukan pameran barang tapi ide-ide kreatif dalam pembangunan desa, dengan memberikan banyak referensi dan inovasi kita bisa mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi desa menjadi lebih baik" ujarnya

Laksamana berharap kepada kepala desa yang mengikuti kegiatan ini bisa memahami proses bursa inovasi dan bisa melaksanakan inovasi tersebut dengan menganggarkan dalam APBDes sehingga dana desa lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Diakhir kegiatan masing-masing kepala diberikan pengarahan bagaimana mengisi kartu komitmen dan kartu IDE oleh tim Inovasi Kabupaten dan tim pelaksana inovasi desa. (*/Aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved