Berita HSU

Pemkab Amuntai Terus Kebangkan Perpustakaan Desa, Ini Tujuan dan Sasarannya

Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyaraakat.

Pemkab Amuntai Terus Kebangkan Perpustakaan Desa, Ini Tujuan dan Sasarannya
HO/Humas Pemkab HSU
Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan Se- Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten HSU. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyaraakat. Karenanya saat ini sudah mulai banyak desa yang menyediakan perpustakaan desa.

Untuk meningkatkan progranm tersebut digelar Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan Se- Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten HSU.

Kegiatan rapat koordinasi dan pelantikan dihadiri oleh Sekda Kabupaten HSU, Ketua TP PKK Kabupaten HSU (Duta Baca Amuntai), Anggota DPRD Amuntai Junaidi, S. Sos, Ketua IPI Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSU, Perwakilan SKPD, dan Kepala Desa, Senin (12/11/2018)

Kegiatan yang bertema 'Membangun Sinergitas, Mewujudkan Transformasi Perpustakaan untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat' dilaksanakan dalam rangka mengembangkan perpustakaan desa di Kabupaten HSU.

Baca: Hasil Timnas Indonesia vs Timor Leste Piala AFF 2018: Lilipaly Cetak Gol, Skor Sementara 2-1

Saat ini masyarakat didorong untuk menjadi kreatif, cerdas, dan bermanfaat. Oleh karena itu, perlunya jembatan transformasi untuk meningkatkan keterampilan masyakat yang salah satu caranya adalah dengan tersedianya perpustakaan desa untuk kesejahteraan keluarga dan perbaikan ekonomi masyarakat.

"perpustakaan desa berguna untuk membangun budaya membaca di desa. Pembangunan perpustakaan di desa haruslah tepat sasaran, ujar Kepala Perpustakaan Daerah Hj Lailatanoor.

Untuk mewujudkannya diperlukan kualitas akses dan pelayanan sosial yaitu taman baca, bangunan perpustakaan desa, buku bacaan, buku belajar dan peralatan bacaan untuk anak. Dana desa yang akan diberikan juga diprioritaskan untuk membiayai pembangunan perpustakaan desa.

Rapat Koordinasi mengahasilkan kesepakan program yang bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan perpustakaan desa. perlu bersama-sama meningkatkan sinergitas, kerjasama, komitmen, dan pengaruh positif bagi kehidupan masyarakat. Untuk para IPI yang dilantik diharapkan dapat melaksanakan amanat dan tugas dengan baik, dan mengolola perpustakan desa dengan penuh inovasi.

Baca: Ganti Rugi Dampak Longsornya Areal Tambang Batubara di Bnjatsari Angsana, Belum Ada Kata Sepakat

Untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca, kita perlu membangun sinergitas dan strategi dalam meningkatkan budaya membaca.

"Peran pendidikan juga sangat penting, dengan meningkatkan kualitas pendidikan akan semakin banyak warga yang peduli dengan keberadaan perpustakaan," ujar Sekda HSU M taufik.

Perpustakaan desa yang akan dibangun dihapkan dapat menjadi tempat pembelajaran dan bukan hanya untuk tempat membaca tetapi menjadi potensi untuk pengembangan keterampilan yang nantinya dapat meningkatkan income masyarakat." Kata Junaidi, S. Sos, anggota DPRD HSU. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved