Berita Kalteng

Usulan Formasi CPNS Kalteng Belum Terpenuhi

Upaya Pemerintah Provinsi KaltenG mengajukan tambahan pegawai sebanyak 348 formasi ternyata belum bisa terpeNbuhi pada pelaksanaan seleksi

Usulan Formasi CPNS Kalteng Belum Terpenuhi
tribunkalteng.co/fathurahman
Sejumlah peserta CPNS Kemenag Kalteng saat memantau hasil seleksi usai tes. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Upaya Pemerintah Provinsi KaltenG mengajukan tambahan pegawai sebanyak 348 formasi ternyata belum bisa terpeNbuhi pada pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 ini.

Berdasarkan Informasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Tengah (Kalteng) ada sebanyak 4.321 peserta ikut tes, dan yang lolos SKD berjumlah 106 peserta.

Kepala BKD Kalteng, Katma F Dirun menyebut peserta yang lolos Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) akan ikut tes lanjutan berupa seleksi kompetensi bidang (SKB).

"Dalam seleksi tahun ini ada sebanyak 348 formasi yang dicari, dan 106 peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar akan ikut tes SKB (seleksi kompetensi bidang)," ujarnya.

Baca: Ribut soal Sunset di Tanah Anarki, Personel SID Malah Nyanyi Lagu Sayang Milik Via Vallen

Baca: 2 Opsi Kemenpan-RB Soal Banyaknya Peserta CPNS 2018 yang Tak Lolos SKD karena Passing Grade

Baca: Video Stan Lee Jadi Kameo di Film dan Serial TV Karakter Komik Marvel, Adegan Mana Favoritmu?

Baca: Ini Penyebab Ayu Ting Ting Menangi Kategori Kontroversi Tersilet Silet Award 2018

Katma menjelaskan, tes SKB akan berlangsung di tempat yang sama hanya saja belum ditetapkan kapan pelaksanaannya.

Proses SKB tetap tidak akan ada penambahan peserta meski jumlah formasi yang diperlukan lebih dari 106 peserta yang lolos.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengaku hingga kini belum menyampaikan usulan penurunan nilai passing grade kepada pemerintah pusat terkait belum terpenuhinya jumlah peserta, karena usulan formasi mencapai 348 sedangkan yang lolos tes tahap awal hanya 106 peserta.

Sementara itu, beberapa beserta yang tidak lolos menyatakan, pelaksanaan Tes CAT yang mereka ikuti sangat sulit, karena soal yang diberikan belum pernah dipelajari.

"Karena sulit menjawab, maka jawabannya pun asal saja, karena pilihan ganda, ternyata tak lulus juga. Tapi pengalaman tes ini akan jadi pedoman untuk ikut lagi tahun depan, jika ada," ujar Adi, salah satu peserta yang tak lolos.

Sementara itu, adanya usulan bahwa peserta orang lokal banyak yang tak lolos dan diusulkan agar tes diulang, Kepala BKD Kalteng Katma F Dirun,mengatakan, dia mempersilakan warga berpendapat sendiri.

Namun dia mengatakan, setelah tahapan seleksi CPNS selesai, pihaknya akan melakukan evaluasi bersama.

www. banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved