Berita Hulu Sungai Tengah

Sekarang Warga Desa Awang Bisa Menikmati Pembangunan Jalan Hingga Musala

Proyek pembangun tersebut meliputi, pembuatan siring jalan, pemasangan gorong-gorong, pelebaran dan pengerasan jalan dengan pengamparan sirtu

Sekarang Warga Desa Awang Bisa Menikmati Pembangunan Jalan Hingga Musala
Humas Pemkab HST
Danlanud Banjarmasin Kolonel Laut (P), Daniel Mudji Rahadi menyerahkan bingkisan kepada salah satu warga, pada penutupan program TMMD di Desa Awang, Kecamatan Batangalai Utara, HST. Penutupuan dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Ilung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103- Kodim 1002 Barabai, berakhir 13 Nopember 2018. Dandim 1002 Barabai, yang juga Komandan Satgas TMMD 103, Letkol Inf Nur Rohman Zein pun telah menyerahkan hasil pembangunan sejumlah proyek fisik, yang dikerjakan anggota TNI bersama masyarakat secara gotong royong tersebut kepada pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Proyek pembangun tersebut meliputi, pembuatan siring jalan, pemasangan gorong-gorong, pelebaran dan pengerasan jalan dengan pengamparan sirtu sepanjang 2,1 kilometer, di Desa Awang, Kecamatan Batangalai Utara. Selain itu, rehab satu musala, serta pembangunan tiga unit rumah warga setempat, yang sebelumya dirobohkan, karena tak layak huni.

Baca: Link Live Streaming & Jadwal Hong Kong Open 2018, Rabu (14/11) - Marcus/Kevin, Jojo & Ginting Main

Baca: Klasemen Grup Liga 2 2018 Babak 8 Besar via Live Streaming Mojokerto Putra vs Semen Padang TVOne

Adapun proyek fisik tambahan lainnya, adalah pembangunan musala baru Nur Rohman, bantuan tanah tempat pemakaman umum yang merupakan bantuan dandim secara pribadi serta perbaikan atau normalisasi irigasi seanjang 2,5 kilometer di desa tersebut.

Penyerahan hasil pembangunan fisik di desa tersebut, dilaksanakan saat upacara penutupan TMMD ke 103, dari Dandim 1002 Barabai kepada Plt Bupati HST HA Chairansyah di lapangan sepak bola Ilung. Upacara peutupan dan serah terima hasil TMMD itupun dihadiri Danlanud Banjarmasin Kolonel Laut (P), Daniel Mudji Rahadi.

Baca: Ini Daftar Long Weekend dan Harpitnas 2019, Ayo Siap-siap Pelesiran

Pada kesempatan itu, Daniel meyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten HST serta berbagai pihak, yang mendukung terlaksananya program TMMD hingga mencapai target 100 persen. Tak lupa, dia menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Desa Awang, yang telah bekerjasama dengan baik saat pelaksanaan program tersebut.

Dia berharap, TMMD tidak hanya menghasilkan pembangunan fisik semata, tapi juga membangun karakter bangsa khususnya generasi muda. Menurutnya, kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat harus dipertahankan. “Sedangkan hasil karya yang telah dibuat di desa ini, harus dirawat untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat,”katanya.

Baca: Begini Perlakuan Ayu Ting Ting pada Adiknya, Assyifa Nuraini yang Sedang Sakit

Turut hadir pada penutupan, Kolonel Mujiono dari Korem 101 Antasari, Dandim se Banua Anam Danyon 621 Manuntung, ketua Persit KCK se Banua Anam, para camat, pembakal serta undangan lainnya.Sementara, tokoh masyarakat Desa Awang, Jailani Mahmud menyatakan, sangat bersyukur karena Kodim 1002 Barabai yang telah melaksanakan pembangunan di Awang.

Menurut Jailani, telah lama warga mengimpikan jalan di desa mereka yang dulunya merupakan jalan usaha tani yang becek, diperbaiki. “Alhamdulillah, sekarang sudah pelebaran,pengerasan dengan hamparan batu, bahkan dibuat siring. Meski tak beraspal, setidaknya tak becek lagi,”katanya.

Sentuhan pembangunan jalan, pembangunan musala, renovasi rumah warga, serta program pembinaan lainnya yang bersifat non fisik, kata Jailani, sangat manfaat bagi warga desa, yang mayoritas petani padi dan tanaman holtikultura. “Selama sekitar satu bulan anggota TNI membaur dengan masyarakat kami, banyak pengetahuan yang kami peroleh melalui penyuluhan-penyuluhan. Seperti narkoba, KB, kesehatan dan lain-lain. Semoga desa kami tambah maju dan sejahtera,”harapnya.
(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved