Yayasan Adaro Bangun Negeri

Serentak Bangun 100 WC Sehat di 12 Kecamatan, Gerakan Tinggalkan BABS Untuk Tabalong Sehat

Hariehatan Nasional (HKN) ke-54 diperingati masyarakat dan pemerintah kabupaten Tabalong dengan launching gerakan Tuntas.

Serentak Bangun 100 WC Sehat di 12 Kecamatan, Gerakan Tinggalkan BABS Untuk Tabalong Sehat
HO/YABN
Penekanan sirine oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Presdir PT Adaro Energy Garibaldi Thohir, Direktur YABN Okty Damayanti, Ketua TP PKK Tabalong Hi Syarifah Syifa menandai pembangunan 100 WC sehat secara serentak di Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Hariehatan Nasional (HKN) ke-54 diperingati masyarakat dan pemerintah kabupaten Tabalong dengan launching gerakan Tuntas (Tinggalkan BABS Untuk Tabalong Sehat) di lapangan Kompleks pendopo bersinar, Pembataan, Tabalong Selasa (13/11/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk melakukan percepatan kabupaten ODF (open defecation free) atau bebas BABS ini dihadiri Bupati Tabalong, Anang Syakfiani Presiden Direktur PT Adaro Energy, Garibaldi Thohir, Direktur YABN, Okty Damayanti pejabat lainnya serta insan kesehatan se Tabalong.

Menandai diluncurkannya Gerakan Tuntas ini dilakukan penekanan sirine tanda dimulai pembuatan 100 WC secara serentak di 12 kecamatan di Tabalong, dihari tersebut.

Presdir PT Adaro Energy, Garibaldi Thohir secara simbolis menyerahkan cetakan wc kepada kader STBM
Presdir PT Adaro Energy, Garibaldi Thohir secara simbolis menyerahkan cetakan wc kepada kader STBM (HO/YABN)

Pada kegiatan ini, Garibaldi Thohir juga secara simbolis menyerahkan alat cetak WC sebagai tanda komitmen Adaro dalam mendukung Tabalong sebagai kabupaten ODF tahun 2019.

Melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dukungan pada peningkatan kesehatan masyarakat terus dilakukan dengan pelatihan dan pemicuan kepada sejumlah kader STBM desa sejak tahun 2013 agar bisa menjadikan sebuah desa yang ODF (open defecation free) atau bebas dari perilaku BAB sembarangan.

Dalam sambutannya Presiden Direktur PT Adaro Energy, Garibaldi Thohir, mengatakan, kesehatan merupakan anugerah yang paling besar, serta merupakan kebutuhan dasar manusia dan investasi berharga untuk masa akan datang.

"Kita tidak dapat bekerja, kita tidak berkarya dengan optimal kalau tidak dalam kondisi kesehatan yang prima," katanya.

Sambutan di acara Launching gerakan Tuntas (Tinggalkan BABS Untuk Tabalong Sehat) Tabalong.
Sambutan di acara Launching gerakan Tuntas (Tinggalkan BABS Untuk Tabalong Sehat) Tabalong. (HO/YABN)

Dalam kesempatan itu, Garibaldi Thohir, juga menyampaikan dengan dukungan semua pihak termasuk dari Bupati Tabalong dan jajaran, maka Gerakan Tuntas yang dicanangkan bersama ini akan bisa menjadikan masyarakat Tabalong sebagai contoh.

"Mari kita sama-sama lakukan yang terbaik untuk Tabalong tercinta ini, supaya 2019 bisa jadi kabupaten se Kalsel," katanya.

Soalnya target yang ditetapkan adalah di tahun 2019 nanti Kabupaten Tabalong akan bisa bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau menjadi kabupaten yang ODF.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved