Ekonomi dan Bisnis

Buah Lokal Menjamur di Banjarmasin, Buah Impor Sepi Peminat

perbandingan penjualan saat ini didominasi buah lokal hingga 70 persen, dibanding buah impor yang hanya 30 persen

Buah Lokal Menjamur di Banjarmasin, Buah Impor Sepi Peminat
muhammad maulana
Pemilik Toko Buah Firdaus, Jalan Kampung Melayu Banjarmasin, Abdul Muis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat ini buah lokal seperti buah mangga, durian, dan rambutan banyak dijual di toko buah atau penjual buah musiman. Musim buah ini membuat penjualan buah lokal meningkat dibanding buah impor.

Seperti halnya yang dikatakan Pemilik Toko Sumber Buah Segar, Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin, Anur masyarakat cenderung memilih buah lokal dibanding impor seperti apel, anggur, dan pear.

"Apalagi saat ini banyak buah lokal yang panen, seperti mangga, durian, rambutan, kasturi, dan manggis," ujarnya.

Baca: Terungkap Prostitusi Online di Martapura, Sepasang Kekasih Mengaku Layani 10 Orang, Segini Tarifnya

Ia menuturkan perbandingan penjualan saat ini didominasi buah lokal hingga 70 persen, dibanding buah impor yang hanya 30 persen. "Kalau lagi tidak musim buah lokal, penjualan keduanya seimbang," jelasnya.

Baca: Ini Alasan Kenapa Ahmad Dhani Menangis Saat Ucapkan Haram Sentuh Tubuh Maia Estianty

Menurutnya hal ini sesuatu yang wajar dan terjadi setiap tahunnya. "Memang kalau musim buah lokal, terjadi penurunan penjualan pada buah impor," ungkapnya.

Ia menambahkan saat ini menjual buah lokal seperti mangga dari Rp 20 ribu per kilogram hingga Rp 40 ribu per kilogram. "Kalau harga tergantung ukuran mangganya," ungkapnya.

Ia memperkirakan peningkatan penjualan buah lokal akan terjadi hingga awal tahun depan. "Karena mangga saja biasanya musimnya hanya 3 bulan, tapi ini sudah 6 bulan. Awal tahun mungkin berlanjut lagi dengan musim duku," terangnya.

Ia melanjutkan untuk buah impor seperti anggur dijual Rp 40 per kilogram, Apel washington Rp 45 ribu per kilogram, dan pear Rp 35 ribu perkilogram.

Hal senada diungkapkan Pemilik Toko Buah Firdaus, Jalan Kampung Melayu Banjarmasin, Abdul Muis yang mana penjualannya lebih didominasi buah lokal.

"Kalau musim buah lokal memang kebanyakan masyarakat lebih banyak membeli dibanding buah impor," kata Muis.

Meski demikian, menurutnya meski buah impor mendominasi tetapi buah impor tidak terlalu sepi peminat. "Karena sekarang bulan Maulid, jadi banyak yang beli buah untuk acara, sehingga buah impor tidak terlalu sepi," terangnya.

Soal harga ia menjual mangga musiman Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu perkilogram. "Mangga gadung ini saya datangkan dari Jawa Timur," bebernya.

Ia melanjutkan untuk harga buah impor seperti apel fuji Rp Rp 40 ribu hingga Rp 45 per kilogram, apel amerika Rp 50 ribu perkilogram, buah pear dari Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu, dan anggur Rp 40 ribu perkilogram.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved