Berita Kalteng

Seratus Penyuluh Agama Dibimbing Cegah Isu SARA Jelang Pemilu

Kerawanan adanya isu suku agama ras dan antar golongan (SARA) ditambah berita hoax maupun provokasi yang bertujuan mengadu domba Jelang Pilpres 2019

Seratus Penyuluh Agama Dibimbing Cegah Isu SARA Jelang Pemilu
banjarmasin post group/ faturahman
Kanwil Kemenag Kemenag Kalteng, H Masrawan saat memberikan pencerahan kepada para penyuluh di Palangkaraya,Kamis (15/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kerawanan adanya isu suku agama ras dan antar golongan (SARA) ditambah berita hoax maupun provokasi yang bertujuan mengadu domba Jelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, sangat rentan terjadi.

Hal ini mendapat perhatian Kemenag Kalteng dan Lembaga Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) yayasan Paramadina, Jakarta yang datang ke Bumi Tambun Bungai, untuk memberikan pencerahan melalui lokakarya terhadap sekitar seratus orang penyuluh agama di Kalteng.

Salah satu pembicara dalam lokakarya tersebut adalah Zainal Abidin Bagir, Dosen Program Studi Agama dan Lintas Budaya sekolah Pascasarjana Lintas-disiplin UGM yang kini juga menjadi peneliti tamu di PUSAD Paramadina, konsen dalam kegiatan tersebut.

"Acara lokakarya ini, salah satu tujuannya agar para penyuluh agama bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar juga meredam isu yang memecah belah maupaun adu domba, dengan kegiatan ini para penyuluh bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar," ujarnya.

Baca: Daftar 5 Ulama dan Tokoh Agama yang Paling Didengar, Ustadz Abdul Somad Hingga Habib Rizieq

Baca: Mahkamah Agung Umumkan Penundaan Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018, Cek Linknya

Baca: Pengakuan Sandiaga Uno Soal Kekurangan Dana dan Pilih Paket Hemat untuk Kampanye Pilpres 2019

Sementara itu, Kanwil Kemenag Kalteng, H Masrawan, dalam acara lokakarya penyuluh agama , kerukunan dan binadamai di Indonesia, Kamis (15/11/2018) menegaskan selama ini pembinaan kerukunan umat beragama berjalan dengan baik.

Masrawan, mengatakan, peranan penyuluh agama berperan sangat besar dalam memberikan pencerahan agar suasana tentram terutama ketika memberikan penyuluhan tentang masalah agama kepada ummat yang dibinanya.

Baca: 3 Permintaan Maaf Prabowo-Sandiaga Uno yang Disoal kubu Jokowi-Maruf Amin Jelang Pilpres 2019

Baca: Prediksi 16 Besar Hong Kong Open 2018 Kamis (15/11), Marcus/Kevin Hadapi Boe/Mogensen

Dia juga menegaskan, pembinaan kerukunan umat beragama di Palangkaraya dan Kalteng selama ini sudah sangat baik,terbukti dengan adanya tempat ibadah agama yang berbeda tapi tetap bisa menjalankan ibadah berdampingan.

"Saya akan turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan dan memberikan pengertian kepada warga Kalteng secara langsung bersama penyuluh agama , dalam memberikan pencerahan tentang kerukunan dan binadamai jelang Pemilu," ujarnya.  (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved