Berita banjarbaru

Taman Geologi (Geopark) Kalsel Tinggal Tunggu SK Menko Maritim, Diusulkan Ada 36 Titik

Direncanakan untuk Pengelola nanti di Kalsel di design untuk Badan tersendiri yang mengelola di bawah langsung Gubernur.

Taman Geologi (Geopark) Kalsel Tinggal Tunggu SK Menko Maritim, Diusulkan Ada 36 Titik
banjarmasinpost.co.id/m maulana
Rapat tahapan akhir pembahasan Geopark (Taman Geologi) Kalsel di Setdaprov Kalsel di Banjarbaru kemarin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pengusulan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan 36 titik Geopark (Taman Geologi) di Kalsel hampir selesai. Keputusan berupa Surat Keputusan (SK) Menko Kemaritiman itu akan keluar pada, Jumat (30/11/2018) mendatang.

Dosen Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta, yang juga konsultan pembangunan Geopark Kalsel, Jatmika Setiawan menjelaskan bahwa ada persyaratan bagaimana pengelolanya, sudah dikirimkan kelengkapan tersebut ke Jakarta, dan sudah diterima.

"Ya kita berharap, termasuk warga Kalsel menunggu keputusan Geopark Pegunungan Meratus tersebut bisa goal menjadi Geopark Nasional," kata dia.

Dikutip dari Wikipeda, Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

Istilah Geopark merupakan singkatan dari "Geological Park" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi.

Baca: Live Streaming RCTI & Jadwal Timnas Thailand vs Indonesia di Piala AFF 2018, Beto Khawatir!

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Hong Kong Open 2018, Kamis (15/11), Marcus/Kevin Siap

Kata Jatmika, direncanakan untuk Pengelola nanti di Kalsel di desain untuk Badan tersendiri yang mengelola di bawah langsung Gubernur. "Kemarin sudah diundang rencana pengelola ke Jakarta dan sudah juga persentasi, nilainya masih positif," kata dia.

Menurutnya hingga kini ESDM Kalsel dan tim Geopark masih tidak ada perubahan yakni sebanyak 36 titik yang diusulkan. "Ya tidak ada perubahan, malah nantinya seiring waktu bisa bertambah," ujar Jatmiko.

Terkait potensi Geopark Kalsel, Jatmiko menjelaskan bahwa begitu besar. Sebab jika mencontoh Geosite di gunung Sewu saja awalnya, di posisi 2014.

"Uang yang masuk nantinya kan untuk masyarakat, Geopark punyai memelihara bumi dan menyejahterakan masyarakat, titik geosite jadi cagar alam tidak diapa-apakan yang akan diwariskan untuk anak cucu," tambahnya.

Bukan hanya itu, yang menjadi tonjolan dari Geopark Kalsel ini juga adalah adanya Ofiolit atau batuan dasar Samudra tertua di Indonesia dan bisa jadi dunia.

Baca: China Bikin Matahari Buatan dari Reaktor Fusi Nuklir, Suhunya 6 Kali Sang Surya

Baca: Persib U-19 ke Final! Hasil Akhir Persib vs Borneo FC di Liga 1 U-19 2018 - Skor 3-1, Gol Beckham!

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved