Berita Hulu Sungai Tengah

PKS Usung Anggota DPRD Ini Sebagai Calon Cawabup HST, PBB dan Gerindra Tunggu Keputusan Provinsi

Pengunduran diri Bupati HST non aktif H Abdul Latif, masih dalam proses. SK pengangkatan Plt Bupati HST HA Chairansyah sebagai bupati belum terbit

PKS Usung Anggota DPRD Ini Sebagai Calon Cawabup HST,  PBB dan Gerindra Tunggu Keputusan Provinsi
istimewa/ dokumen pribadi M Sampurna
M Sampurna, anggota DPRD dari PBB yang diusung PKS sebagai Cawabup HST penganti HA Chairasnyah.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pengunduran diri Bupati HST non aktif H Abdul Latif, masih dalam proses.  SK pengangkatan Plt  Bupati HST HA Chairansyah  sebagai bupati pun belum terbit.

Namun bursa calon wakil bupati, menggantikan posisi HA Chairansyah kini mulai ramai di perbincangkan. Bahkan parta-partai pengusung pun sedang melakukan proses penjaringan calon.

Di antara tiga partai pengusung, yaitu PKS, Gerindra dan PBB, satu partai telah mengeluarkan keputusannya untuk mengajukan satu nama, yaitu PKS. DPC PKS HST memastikan, cawabup yang diajukan adalah Muhammad Sampurna. Dia adalah anggota DPRD HST dari Partai Bulan Bintang.

“Calon yang kami ajukan ini telah disetujui oleh DPD PKS Kalsel,”kata Ketua DPC PKS HST, H Fakih Jarjani, kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (16/11/2018).

Baca: Hasil Barito Putera vs Persija Jakarta Liga 1 U-19 2018, Skor Imbang 2-2 Babak Kedua, Waktu Tambahan

Baca: Hasil Barito Putera vs Persija Jakarta Liga 1 U-19 2018, Skor 2:2 Babak Pertama, Kahar Cetak Gol

Baca: Hasil Akhir PSM vs Persija di Liga 1 2018 - Skor Akhir 2-2, Tuan Rumah Diselamatkan Zulham Zamrun

Mengapa tak mengajukan kader PKS? Fakih menyatakan, tak harus kader sendiri, karena M Sampurna juga salah satu kader dari partai pengusung.   Yang penting bisa bekerjasama dengan Bupati dan  punya  kemampuan bekerjasama dengan semua pihak. Sebagai anggota dewan dua periode, dia juga sudah menjalin komunikasi yang baik dengan DPRD HST,”kata Fakih.

Meski didukung PKS secara praktis tanpa proses panjang, anehnya, partai yang menjadi wadah Sampurna berpolitik, yaituPBB, justru belum merespons ketegasan PKS terkait pencalonan kadernya tersebut. Ketua DPC PBB HST Abu Permadi, yang dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini PBB belum memutuskan siapa cawabup yang diajukan.

“Secara kepartaian belum ditentukan, dan masih berkoordinasi dengan partai pengusung lainnya,”kata Abu.

Diakui, PBB merupakan partai pertama yang membuka pendaftaran calon, jauh sebelum ada surat pengunduran diri Ab dul Latif. Abupun mengakui, ada beberapa nama yang diajukan DPP, untuk uji kelayakan. Hanya saja hasilnya secara resmi belum diumumkan.

Mengapa tak mendukung saja keputusan PKS yang mengusung kader sendiri? Abu menegaskan, secara pribadi dia  mendukung dan berterimakasih dengan partai koalisi pengusung Latif-Chairansyah tersebut. Bahkan, dia menyatakan banga kader PBB diusung partai lain.

Baca: Hasil Latihan Bebas 1 (FP1) MotoGP Valencia 2018 - Marc Marquez Tercepat, Diwarnai Red Flag

Baca: LINK LIVE STREAMING Indosiar Persela Lamongan vs Arema FC Liga 1 2018 - Live Streaming Vidio.com

“Tapi, sekali lagi, yang memutuskan bukan saya pribadi. Tapi berdasarkan keputusan partai,”katanya.

Sementara, Ketua DPC Gerindra HST, H Rahmadi Jingga, dikonfirmasi saat menghadiri sidang parupirna DPRD HST, terkait pengunduran diri Bupati HST menyatakan, sampai sekarang, pihaknya jug amasih menunggu keputusan DPD Gerindra Kalsel.

“Sebenarnya, DPD Kalsel merekomendasikan saya. Tapi saya sendiri telanjur mencalonkan diri sebagai anggota DPRD HST, dan memutuskan tak mundur dari pencaleg-an,”kata Rahmadi.

Baca: Hanya 61 Peserta CPNS 2018 yang Lulus Passing Grade, Pemkab : Tak Sampai 50 Persen Formasi

Seandainya surat pengunduran diri diajukan sebelum penetapan calon tetap anggota legislative, kata Rahmadi dialah yang diajukan Gerindra menjadi Cawabup HST. Sekarang, menunggu keputusan DPD Gerindra Kalsel,”pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved