Pengrajin Reptil dari Kuin Kecil

Dari Kulit Ular Piton dan Biawak, H Jamuni Produksi Sabuk hingga Dompet

Salah satu pengrajin dari kulit reptil, yakni H Jamuni, yang membuat usahanya di kawasan Jalan Jamaah, Kuin Kecil Mantuil

Dari Kulit Ular Piton dan Biawak, H Jamuni Produksi Sabuk hingga Dompet
jumadi
Salah satu pengrajin dari kulit reptil, yakni H Jamuni, yang membuat usahanya di kawasan Jalan Jamaah, Kuin Kecil Mantuil. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - KALAU membayangkannya kata atau nama reptil, terbayangkan binatang melata seperti ular. Namun kata lengkap reptil adalah sebuah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.

Kemudian reptilia adalah tetrapoda dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik.

Salah satu pengrajin dari kulit reptil, yakni H Jamuni, yang membuat usahanya di kawasan Jalan Jamaah, Kuin Kecil Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan RT15, Kota Banjarmasin.

Baca: Live Streaming Semifinal Hong Kong Open 2018 Pukul 11.00 Wib, Marcus/Kevin vs Ahsan/Hendra

Nama usahanya "Pengrajin Aida". Usaha ini dikerjakan sendiri oleh lelaki berumur 64 tahun beserta satu anak lelakinya bernama Witrianoor.

H Jamuni yang ditemui di rumahnya, Jumat (16/11/2018) mengatakan, dia mulai menggeluti usahanya sejak tahun 2013 lalu. Produk yang dihasilkan, seperti sabuk lelaki yang terbuat dari kulit ular piton atau bahasa latinnya pythonidae kulit biawak atau varanus.

Baca: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Thailand via Live Streaming RCTI Piala AFF 2018

Kemudian tas wanita maupun dompet lelaki serta berbagai macam aksesoris, seperti gantungan kunci.

Untuk mendapatkan bahan baku, seperti ular piton maupun kulit biawak, warga yang datang langsung ke rumahnya di Kuin Kecil Mantuil.

Untuk harga ular piton disesuaikan dengan panjang dan diameter. Begitu juga untuk biawak sesuai dengan besar ukuran tubuh dan panjang.

Semua produk yang dijual sudah disesuaikan dengan kualitet kontrol. Sehingga konsumen yang membeli tidak akan merasa kecewa. (jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved