Berita Kabupaten Banjar

Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis IT, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Banjar

Antara lain langkah yang dilakukan yakni membangun aparatur bersumberdaya andal yang mampu menguasai teknologi informasi secara tepat.

Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis IT, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Banjar
Kominfo Kabupaten Banjar
Peserta Bintek E-Office dan Laksa serius mendengarkan paparan pemateri, Jumat (16/11/2018) sore di Hotel Aston. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya memperkuat dan meningkatkan pelayanan publik.

Antara lain langkah yang dilakukan yakni membangun aparatur bersumberdaya andal yang mampu menguasai teknologi informasi secara tepat.

"Itu merupakan keharusan karena ke depan pemerintahan Kabupaten Banjar akan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," cetus Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (KISP) Kabupaten Banjar HM Farid Soufian, Sabtu (17/11/2018).

Pejabat eselon II di Bumi Barakat ini mengatakan dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut, aparatur pemerintahan di Banjar harus mampu mengelola dan mengoperasikan sistem atau perangkat teknologi pendukungnya.

Baca: KABAR TERBARU CPNS 2018 - BKN Terapkan Sistem Ranking untuk Kelulusan, Passing Grade?

Karena itu, sebagai pimpinan institusi yang membidangi hal tersebut, aparaturnya di lingkup KISP Banjar telah digembleng kemampuannya agar siap melaksanakan layanan berbasis elektronik.

Baca: 2019 Emak-emak Dimanjakan, ke Pasar Disediakan Angkutan Gratis, Dishub Banjarmasin Atur Jalurnya

"Kemari.n jajaran intenal kami mengikuti Bimbingan Teknis E-Office dan Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (Laksa)," sebut Farid.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas KISP Banjar tersebut berlangsung selama sehari di Hotel Aston di kawasan Jalan A Yani Kilometer 11,8.

Baca: Jadwal Liga 1 2018, Siaran Langsung Sabtu 17 November : PSMS vs Madura United, PS Tira vs Sriwijaya

Di hadapan para peserta, Kepala Dinas KISP Farid menegaskan saat ini transformasi industri bergerak sangat cepat menggunakan teknologi informatika.

Farid sekaligus menjelaskan tentang prinsip-prinsip smart goverment yakni efektif, efesien, inovatif, transparan serta aman.

"Kominfo memang lembaga baru. Namun harus menjadi lembaga dinamis mengawal pemerintahan Kabupaten Banjar menuju tata kelola pemerintah yang baik," tegas Farid.

Dikatakanya, saat ini tiap orang berlomba membuat inovasi atau perubahan. Mereka yang tidak mengikuti perkembangan teknologi maka akan ketinggalan.

Karena itu, E-Office sebagai salah satu yang harus segera diaplikasikan dalam menjalankan pelayanan serta pemerintahan di Kabupaten Banjar.

"Semua aplikasi seperti perencanaan, e-budgeting, monitoring serta e-monev ada pada satu aplikasi yang saling terhubung," sebutnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved