Ramai ramai Budidaya Tanaman Hidroponik

Tanaman Organik dan Semi Organik Mulai Dilirik, Pemprov Kalteng Siap Kembangkan Padi Organik

Tanaman tersebut, hanya menggunakan nutrisi untuk pertumbuhanya dan tidak menggunakan bahan pupuk seperti tanaman yang ditanam di tanah.

Tanaman Organik dan Semi Organik Mulai Dilirik, Pemprov Kalteng Siap Kembangkan Padi Organik
Tribun Kalteng/Fathurahman
Tanaman sayuran hidroponik banyak dikembangkan dan dibudidayakan oleh warga Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Penyuluh dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah, Krisyetno, menjelaskan, tanaman sayuran hidroponik, merupakan salah satu tanaman yang semi organik.

Tanaman tersebut, hanya menggunakan nutrisi untuk pertumbuhanya dan tidak menggunakan bahan pupuk seperti tanaman yang ditanam di tanah sehingga memang bebas dari bahan kimia.

Karena itu juga sebut dia, dalam pengembangannya hanya mahal saat penyediaan awal tanaman tersebut, karena diperlukan pipa, plastik, dan bahan pendukung lainnya untuk tanaman hidroponik.

Namun sebut dia, jenis tanaman hidroponik selama ini dikenal dengan tanaman semi organik yang ke depan akan dikembangkan di Indonesia, karena di luar negeri sayuran yang disenangi adalah yang organik.

"Tanaman organik saat ini yang banyak dicari," ujarnya.

Baca: Sayuran Hidroponik Mulai Ngetren, Pembeli Datang Sendiri dan Pesan Sebelum Panen

Baca: Literatur Cara Bertani Hidroponik Mudah Didapatkan dan Hasilnya Pun Menguntungkan

Baca: Modal Awal Mahal, Hidroponik, Pertanian Modern Yang Hemat Lahan Hasilnya Mudah Dijual

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, bahkan sudah mempersiapkan lahan untuk pengembangan padi organik yang di kembangkan di Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, mengatakan ada tiga daerah yang dikembangkan sebagai lokasi pengembangan padi organik di Kalimantan Tengah tersebut.

Tiga daerah tersebut antara lain Palangkaraya, Kapuas dan Pulangpisau untuk pengembangan Padi Organik yang saat ini makin popular di luar negeri. (www. banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved