Bumi Antaluddin

BBM Satu Harga di Desa Malinau Kecamatan Loksado Diresmikan

Peresmian Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di Desa Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dilaksanakan Senin, (19/11).

BBM Satu Harga di Desa Malinau Kecamatan Loksado Diresmikan
Foto Kominfo HSS
Peresmian SPBU Kompak Di Desa Malinau Kecamatan Loksado. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Peresmian Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di Desa Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dilaksanakan Senin, (19/11).

Kegiatan peresmian SPBU kompak 65.712.002 yang berlokasi di Kecamatan Loksado, Kabupaten HSS ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad yang mewakili Bupati HSS H Achmad Fikry.

Pada prosesi pemotongan pita juga dilakukan oleh Direktorat Bahan Bakar Minyak BPH Migas, Patuan Alfon Simanjuntak, Anggota DPR RI Komisi VII Dapil Kalsel II M Dardiansyah dan GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Muhamad Reza.

Suasana Peresmian SPBU Kompak Di Desa Malinau Kecamatan Loksado

(foto kominfo hss).

Selain pemotongan pita juga dilakukan penandatangan prasasti dan dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari BPH Migas kepada Pemkab HSS.

Termasuk pengisian perdana SPBU kompak 65.712.002 oleh mereka.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad membacakan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry menyambut baik adanya SPBU kompak 65.712.002 di Desa Malinau Kecamatan Loksado.

"Semoga dengan dibangunnya SPBU itu bisa memberikan kemudahan untuk warga Loksado memenuhi keperluan BBM dengan harga yang sama dengan SPBU di tempat lainnya," katanya.

Suasana Peresmian SPBU Kompak Di Desa Malinau Kecamatan Loksado.
Suasana Peresmian SPBU Kompak Di Desa Malinau Kecamatan Loksado. (Foto Kominfo HSS)


Dengan harga BBM yang sama itu diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat di Desa Malinau dan warga Kecamatan Loksado.

Pihaknya juga berharap bahwa BBM di SPBU itu bisa tepat sasaran dan tidak ada oknum yang bermain dengan melakukan penimbunan BBM untuk kepentingan pribadi.

"Perlu pengawasan mutlak dari semua pihak agar SPBU penyalur BBM Satu harga ini bisa tepat sasaran," tegasnya.

Direktorat Bahan Bakar Minyak BPH Migas, Patuan Alfon Simanjuntak mengatakan peresmian penyalur BBM satu harga yang ke 96 yaitu SPBU kompak 65.712.002 yang berlokasi di Desa Malinau Kecamatan Loksado, Kabupaten HSS.

Dengan diresmikannya SPBU Kompak ini, masyarakat di lokasi pedalaman bisa menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di daerah lainnya di Indonesia yaitu untuk harga Premium sebesar Rp 6.450 per liter dan untuk Solar sebesar Rp 5.150 per liter.

Patuan Alfon mengharapkan agar PT Pertamina (Persero) dapat terus menjamin pasokan BBM dan dengan terbangunnya SPBU Kompak, agar dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten HSS, khususnya di Kecamatan Loksado.

Selain itu Patuan Alfon juga berpesan agar ada koordinasi antara BPH Migas, Pemerintah Daerah dan Masyarakat setempat untuk mengawasi ketersediaan dan pendistribusian BBM di penyalur satu harga ini agar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

"Tidak boleh ada industri dan oknum yang menikmati Program BBM Satu Harga untuk kepentingan pribadi," tegasnya.

Sekadar diketahui, Program BBM Satu Harga telah dicanangkan oleh oleh Presiden Joko Widodo pada waktu berkunjung di Yahukimo, Papua, Oktober tahun 2016.

Pemerintah berkomitmen menyukseskan program ini untuk menciptakan harga bahan bakar minyak (BBM) yang sama di seluruh wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan terluar).

Pembangunan SPBU di wilayah 3T bukan merupakan hal yang mudah mengingat lokasi geografis dan ongkos angkut yang tinggi sehingga perlu dipastikan tepat sasaran peruntukannya.

Oleh karena itu BPH Migas berharap Pemerintah Daerah, Pengusaha dan PT Pertamina (Persero) bekerja sama dan berkoordinasi untuk menciptakan sistem yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan BBM secara adil. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved