Berita Kabupaten Banjar

Datangkan Grup Musik Religi dari Mesir, Awal Desember UAS Tablig Digelar di Martapura

Tak cuma itu, panitia penyelanggara bahkan menghadirkan grup musik religi ternama dari semenanjung Arab.

Datangkan Grup Musik Religi dari Mesir, Awal Desember UAS Tablig Digelar di Martapura
idda royani
HMA Basith, ketua Panitia Penyelenggara Tablig Akbar UAS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabar melegakan bagi warga Kalimantan Selatan, khususnya yang berada di Kabupaten Banjar. Dai kondang, Ustadz Abdul Somad (UAS) dipastikan datang ke daerah ini pada awal pekan kedua Desember mendatang.

Tak cuma itu, panitia penyelanggara bahkan menghadirkan grup musik religi ternama dari semenanjung Arab. "Insha Allah UAS akan mengisi tablig akbar di Kota Martapura pada 9 Desember. Sekaligus nanti akan dimeriahkan oleh grup Munsyidin Ar-Ridwan dari Mesir," beber HMA Basith, ketua Panitia Penyelenggara Tablig Akbar UAS, Senin (19/11).

Dikatakannya, inisiatif mendatangkan UAS dan grup Munsyidin Ar-Ridwan tersebuti berasal dari Bupati Banjar H Khalillurrahman sebagai salah satu wujud misi bupati yakni meningkatkan pengamalan ajaran agama dan suasana kehidupan beragama di Banjar.

Baca: Kabar Pengaturan Skor Usai Laga PSIS vs Persib Berakhir 3-0, Ada Masalah Internal Persib Bandung?

Basith mengatakan tempat pelaksanaan tablig akbar yakkni di Masjid Alkaromah, Martapura. Pihaknya memastikan kegiatan tersebut bakal dihadiri jemaah dalam jumlah yang cukup banyak karena rencana kehadiran UAS memang telah lama beredar di Bumi Barakat.

"Estimasi kami jumlah jemaah yang nanti bakal menghadiri tablig akbar tersebut mencapai 20 ribu orang. Karena itu persiapan yang kami lakukan mesti benar-benar terukur secara baik sehingga nanti kegiatanya bisa terlaksana secara lancar dan terti," tandas Basith.

Baca: Diduga Dibunuh, Hj Rumiah Ditemukan Tergeletak di Rumahnya, Banyak Luka Lebam dan Bekas Cekikan

Pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Banjar ini mengatakan panitia penyelenggara telah melakukan beberapa kali rapat pertemuan membahas aspek teknis. Di antaranya rencana rekayasa jalan, penyiapan area parkir, dan lainnya.

"Dishub sudah bikin rekayasa lalinnya. Kami juga sudah menghubungi pengurus Masjid Alkaromah sebagai wadah kegiatan (tablig). Posisi jemaah laki-laki dan perempuan juga sudah dirancang," sebut kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar ini.

Sebelumnya, sejak beberapa bulan terakhir rencana kedatangan UAS memang santer berembus di kalangan masyarakat di daerah ini. Namun belum selama ini belum ada kepastian kapan alumni S2 Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko, tersebut akan menginjakkan kaki di Kota Serambi Makkah.

Baca: Kumpulan Ucapan Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang Bisa Dibagikan di Pesan Whatsapp

Dai bernama asli Abdul Somad Batubara tersebut telah memastikan bersedia mengisi ceramah di Martapura setelah tim kecil dari Kabupaten Banjar berkomunikasi dengan pihak manajemen UAS. “Ustadz Abdul Somad datang ke Martapura setelah mengisi tausiah di Kalimantan Timur,” sebut Basith.

Ia menuturkan meski pelaksanaan tablig akbar UAS di Martapura masih lama, namun pihaknya saat ini telah memulai persiapan kecil. Terutama menyangkut rencana penataan rekayasa lalu lintas, area parkir, serta keamanan.

Panitia penyelenggara berencana menyiarkan ceramah UAS melalui siaran radio dan streaming. Di lokasi acara bakal didirikan lima unit ayar monitor berukuran besar untuk jemaah yang tidak bisa masuk ke dalam masjid.

Tempat ceramah akan dibikin panggung seperti lazimnya acara yang selama ini biasa dilaksanakan di masjid tersebut. Mengenai sound system, jemaah tidak perlu ragu karena pengeras suara akan disiapkan secara khusus sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Basith mengatakan pada hari 'H' tablig akbar UAS kelak berbarengan dengan kegiatan Maulid Habsy di Sekumpul. Setelah itu, jemaah diprediksi langsung merapat ke Masjid Al Karomah, tempat pelaksanaan tablig akbar.

Rencana kehadiran UAS disambut antusias warga Banjar. "Alhamdulillah jika UAS memang positif datang di sini. Saya pasti akan hadir pasa acara tablig akbarnya, supaya bisa langsung mendengar dan melihat orangnya. Syukur-syukur jika nanti bisa berfoto bareng," ucap Anshari, warga Martapura. (roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved