Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : BPPT Serahkan 10 Ribu Bibit Ikan Patin Ke Pondok Pesantren Darul Hijrah

Penyerahan bibit ini dilakukan langsung oleh Anggota DPR-RI Komisi VII Drs H M Dardiansyah, didampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan penyerahan bantuan bibit ikan patin kepada Pondok Pesantren Darul Hijrah, Selasa (20/11/2018) pagi.

Penyerahan bibit ini dilakukan langsung oleh Anggota DPR-RI Komisi VII Drs H M Dardiansyah, didampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel (KPw BI Kalsel), Herawanto, dan diterima langsung Pimpinan Darul Hijrah, KH Zarkasyi Hasbi.

Dijelaskan Dardi, total ada 10 ribu bibit ikan patin yang diberikan langsung kepada Pesantren Darul Hijrah.

"Karena kami sangat mendukung pesantren yang benar-benar modern dan bisa mandiri untuk peluang kemajuan ke depan," ujarnya.

Baca: Klasemen Grup B Piala AFF 2018, Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina Tak Menentukan?

Ia menambahkan sebelumnya juga sudah menyerahkan bantuan berupa motor sampah, untuk bisa mengelola sampah sendiri dan dijadikan nilai ekonomi.

"Kami juga kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para santri agar bisa mengelola sampah sebagai mana mestinya," imbuhnya.

Sementara itu Herawanto menerangkan, kegiatan ini dalam rangka mendorong ekonomi syariah yang di antaranya melalui pendekatan pengembangan ekonomi pesantren.

"Ini merupakan program kerja untuk memberdayakan pesantren, yang mana pesantren salah satu sumber ekonomi kreatif," ujarnya.

Ia menuturkan tujuan program tersebut adalah memperkuat sektor ekonomi yang berpotensi di pondok pesantren sekaligus menjadi replikasi atau menggerakkan instansi-instansi lain untuk turut mengembangkan pesantren.

"Jadi mengembangkan unit bisnis agar nantinya menjadi motor perekonomian daerah, karena pondok pesantren punya potensi besar untuk dikembangkan," terangnya.

Baca: Hasil Grup A Piala AFF 2018 Matchday 3 Babak Pertama : Myanmar vs Vietnam 0-0, Kamboja vs Laos 2-0

Sedangkan Pimpinan Darul Hijrah, KH Zarkasyi Hasbi, menurut dia penyerahan bibit ini sangat membantu bagi unit usaha pesantrennya.

"Sebenarnya ini menambah dan menyempurnakan apa yang sudah ada, sebelumnya tambak yang belum ada isinya sekarang sudah bisa dikembangkan," ujarnya.

Menurutnya bantuan ini juga karena ada inisiatif dari pihaknya untuk bergerak untuk selalu mengembangkan unit usaha pesantren.

"Pondok pesantren itu bisa maju karena sudah memiliki usaha sendiri, Setidaknya bisa membantu hajat pondok itu sendiri," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id /Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved