Bumi Antaluddin

BNNK HSS Lakukan Tes Urine pada Pegawai RSUD Hasan Basry

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Hulu Sungai Selatan menggelar kegiatan Tes Urine pada pegawai di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

BNNK HSS Lakukan Tes Urine pada Pegawai RSUD Hasan Basry
HO/BNNK HSS
Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) HSS gelar Tes Urine para pegawai di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, Senin (19/11/2018). 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Hulu Sungai Selatan menggelar kegiatan Tes Urine pada pegawai di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman RSUD Hasan Basry senin (19/11/2018) kemarin dilaksanakan dalam beberapa gelombang.

Sudah ada sekitar 200 pegawai RSUD H Hasan Basry yang telah mengikuti Tes Urine ini, mulai dari jajaran direksi manajerial, pegawai kontrak, hingga petugas keamanan.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara RSUD Hasan Basry dengan BNNK HSS dalam dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pekerja, khususnya bagi pegawai di RSUD Hasan Basry.

Selain itu dengan adanya pemeriksaan ini, semakin menunjukan komitmen dan sinergitas lintas instansi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, khususnya di lingkungan instansi masing-masing.

Kegiatan Tes Urine pada pegawai di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan oleh BNNK HSS.
Kegiatan Tes Urine pada pegawai di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan oleh BNNK HSS. (HO/BNNK HSS)

Kepala BNNK HSS Maserup menyambut positif permintaan tes urine ini, sebagaimana sudah menjadi tugas BNNK HSS dalam melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Dengan adanya tes urine seperti itu BNNK HSS semakin terbantu dalam menscreening pelaku penyalahguna narkoba yang ada di HSS.

"Selain upaya pencegahan, BNNK HSS juga menyediakan pelayanan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba yang ingin direhabilitasi," katanya, Rabu, (21/11/2018).

Harapan ke depannya tes urine seperti ini juga akan diikuti oleh instansi lainnya yang ada di HSS, baik instansi pemerintah maupun swasta.

Mengingat pekerja merupakan salah satu kelompok yang paling tinggi berpotensi terjadinya penyalahgunaan Narkoba di Indonesia.

BNNK Hulu Sungai Selatan menggelar kegiatan Tes Urine pada pegawai di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.
BNNK Hulu Sungai Selatan menggelar kegiatan Tes Urine pada pegawai di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan. (HO/BNNK HSS)

Berdasarkan data hasil Survey Nasional Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia, yang dilakukan oleh BNN bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (PUSLITKES UI) pada tahun 2017, prevalensi penyalahguna Narkoba pada kelompok pekerja adalah sebesar 59%.

Dengan adanya kerjasama instansi lainnya dalam penyelenggaraan tes urine, maka akan mempermudah dalam menjaring pelaku penyalahguna narkoba.

Sehingga penyalahguna narkoba bisa cepat ditanggulangi dengan direhabilitasi hingga pulih. Hal ini penting dilakukan guna menekan angka penyalahguna narkoba, khususnya di Kabupaten HSS. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved