Berita Kalteng

Satgas Dana Desa Kemendes Turun ke Kabupaten Kapuas, Ternyata Ini yang Dilakukannya

Informasi terhimpun, kedatangan tim Satgas Dana Desa ini untuk menindaklanjuti laporan masyarakat

Satgas Dana Desa Kemendes Turun ke Kabupaten Kapuas, Ternyata Ini yang Dilakukannya
Istimewa
Saat Tim Satgas Dana Desa Kemendes PDTT berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas, Rabu (21/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KAPUAS - Satuan tugas (Satgas) Dana Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) turun ke Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal itu diketahui saat tim melakukan koordinasi ke Pemerintah Kabupaten Kapuas, Rabu (21/11/2018), sebelum nantinya melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke lapangan menindaklanjuti laporan masyarakat.

Informasi terhimpun, kedatangan tim Satgas Dana Desa ini untuk menindaklanjuti laporan masyarakat perihal dugaan penyalahgunaan dana desa di Kabupaten Kapuas.

Belum diketahui desa mana yang selanjutnya akan didatangi oleh Satgas Dana Desa tersebut.

Baca: Resmi! Pemerintah Gunakan Sistem Ranking pada Tes SKD CPNS 2018, Lihat Penjelasannya

Namun tim mengatakan akan memberitahukan informasi selanjutnya ketika sudah bergerak ke lapangan.

Tim dari Satgas Dana Desa yang datang ke Kabupaten Kapuas dipimpin M Maroef lrfhany selaku koordinator. Membawa serta anggota dan penunjang saat ke Kabupaten Kapuas.

Baca: Syahrini & Reino Barack Dikabarkan Sedang Dekat, ini Kata Mbah Mijan tentang Status Hubungan Mereka

Kegiatan yang mereka laksanakan sebelum turun ke lapangan menindaklanjuti laporan masyarakat itu, yakni terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemkab Kapuas dan Polres Kapuas.

Koordinator Tim Satgas Dana Desa, M Maroef lrfhany yang sempat diwawancarai, Rabu (21/11/2018) sore, mengatakan bahwa pihaknya datang ke Kabupaten Kapuas untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.

"Laporan masuk ke Kementerian Sekretariat Negara ditunjukkan ke Presiden. Pelapor pada intinya melaporkan adanya dugaan penyalahgunaan pengelolaan dana desa di salah satu desa di Kabupaten Kapuas ini, maka itu Tim Satgas Dana Desa datang ke sini menindaklanjuti," jelasnya.

Baca: Bali United Vs Barito Putera Liga 1 U-19 2018, Barito Full Team saat Perebutan Juara III Kompetisi

Belum dirincikan secara detail perihal laporan penyalahgunaan pengelolaan dana desa yang dimaksud guna kelancaran aktivitas tim selama di Kabupaten Kapuas.

Namun sempat dibeberkan ada dugaan penyalahgunaan dana desa dalam hal pembangunan jembatan desa, hingga Dana Bumdes yang tak kunjung diserahkan ke Ketua Bumdes oleh Kepala Desa (Kades).

"Nanti pasti akan kami beberkan hasil monev di salah satu desa yang ada di Kabupaten Kapuas ini. Biarlah kami bekerja dulu, menindaklanjuti laporan masyarakat," ungkapnya.

Koordinator Tim Satgas Dana Desa yang turun ke Kabupaten Kapuas pun juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dan bantu lapor jika mengetahui ada penyalahgunaan dana desa.

"Bisa melapor ke Call Center di 1500040, bisa juga melalui media sosial Kemendes PDTT. Kalau laporannya lengkap dan menunjukkan bahwa memang ada penyalahgunaan pengelolaan dana desa, pasti akan cepat kami tindaklanjuti ke lapangan," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id / Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved