Berita Banjarmasin

Hero Group dan BPOM Gelar FGD Bahas Good Retail Practices di Banjarmasin

Hero Group dan BPOM Gelar FGD Bahas Good Retail Practices di Banjarmasin

Hero Group dan BPOM Gelar FGD Bahas Good Retail Practices di Banjarmasin
banjarmasin post group/ achmad maudhody
(kanan) Kepala Seksi Sertifikasi Balai Besar POM Banjarmasin, Yuyun Purwaningsih. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tingkatkan aspek perlindungan terhadap konsumen, Hero Group bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) gelar forum group discussion (FGD) bertema Penerapan Keamanan Pangan untuk Mencapai Good Retail Practices, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kamis (22/11/2018).

Menurut Kepala Seksi Sertifikasi Balai Besar POM Banjarmasin, Yuyun Purwaningsih, berbagai pokok materi dibahas terkait Pedoman Cara Ritel Pangan yang Baik (CRPB).

Termasuk sepuluh aspek pengawasan BPOM terhadap ritel terkait CRPB mulai dari proses bahan makanan di kebun atau peternakan, proses pengolahan, penerimaan produk di ritel, penyimpanan hingga penyajian sebelum dikonsumsi oleh konsumen.

"Sepuluh aspek yang kami awasi mencakup farm to table, semua tahapan ini wajib dijamin oleh ritel keamanan makanan sampai ke pelanggan," kata Yuyun.

Baca: Detik-detik Penemuan Potongan Kepala Mayat Lok Baintan, AKBP Himawan : Sudah di RSUD Ulin

Baca: 3 Fakta Pelaku Pemenggal Kepala di Lokbaintan, Kepala di Buang di Pulau Bawah Jembatan Barito

Baca: Menolak Hubungan Badan, Mahasiswi Ini Ditikam 7 Kali Hingga Bersimbah Darah, Pelaku Di Dor

Hal ini menurut Yuyun sudah diatur dalam Peraturan Kepala BPOM RI Nomor HK.03.1.23.11.10569 Tahun 2011 Tentang Pedoman CRPB.

Pemahaman dan kepatuhan atas Pedoman CRPB menjadi faktor penting karena ritel berperan sebagai simpul akhir bertemunya produk dengan konsumen.

Sehingga tanggung jawab peritel untuk minimal kan resiko kerusakan pangan akibat kesalahan penanganan, pemajangan dan penyimpanan sangat besar.

Sebagai peserta FGD kali ini yaitu para Store Manager Giant dan Hero Supermarket wilayah Banjarmasin, Balikpapan dan Samarinda.

Baca: Pelaku Bawa Potongan Kepala Kepala Mayat di Lok Baintan Pakai Benda Ini, Polisi Temukan Parang

Baca: Gading Marten Digugat Cerai Gisel, Gading Ungkap Kesedihannya Sama Seperti Gisella Anastasia

Baca: Nagita Slavina dan Rafathar Panik Usai Kaca Mobil Pecah Diserang Orang Tak Dikenal, Peluru Nyasar?

Selain perwakilan dari Balai Besar POM Banjarmasin, Kepala Seksi Inspeksi Balai Besar POM Samarinda, Ryanferi Kusuma dan Kepala Loka POM Balikpapan, Sumiaty Haslinda juga dihadirkan sebagai narasumber.

Menurut GM Corporate Affairs PT Hero Supermarket, Tony Mampuk, kegiatan FGD bersama BPOM kali ini juga merupakan bentuk tanggung jawab Hero Group untuk tingkatkan kompetensi internal khususnya para Store Manager Hero Group untuk lebih pahami dan aplikasikan lebih baik good retail practices sesuai regulasi dalam kegiatan operasional Hero Group.

"Kami ingin hadirkan toko-toko yang dapat dipercaya pelanggan, salah satunya dengan menjaga kualitas dan keamanan produk karena pelanggan adalah fokus utama kami," kata Tony. (banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved