Ekonomi dan Binis

Pajak Jadi Sumber Penerimaan Negara Paling Ideal, 2018 Penerimaan Pajak Rp 1.618,1 Triliun

Peran pajak baik yang berasal dari setoran pajak maupun pungutan melalui bea cukai terus menjadi komponen dominan penerimaan negara.

Pajak Jadi Sumber Penerimaan Negara Paling Ideal, 2018 Penerimaan Pajak Rp 1.618,1 Triliun
Achmad Maudhody
Kakanwil DJP Kalselteng, Cucu Supriatna 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peran pajak baik yang berasal dari setoran pajak maupun pungutan melalui bea cukai terus menjadi komponen dominan penerimaan negara.

Dilihat dari lima tahun ke belakang saja sejak Tahun 2014 hingga Tahun 2018 ini, pajak sumbang 65 hingga 85 persen penerimaan negara.

Dari tahun ke tahun, jumlah kontribusi pajak pun cenderung meningkat, dimana pada Tahun 2014 sebesar R 1.144,86 triliun dan pada Tahun 2018 mencapai Rp 1.618,1 triliun.

Baca: #OjekPahlawanKeluarga Trending di Twitter, Prabowo Sebut Lulusan Jadi Ojek Online

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng), Cucu Supriatna menilai tren tersebut merupakan hal yang positif.

Menurutnya pajak merupakan alternatif paling baik sebagai sumber penerimaan negara dibanding sumber penerimaan lainnya.

Baca: Driver Online Cantik Ini Pernah Dipepet Segerombolan Cowok Lalu Melawan, #OjekPahlawanKeluarga

"Jual SDA tentu kita tahun SDA terbatas, hutang kita juga tahu nantinya wajib dibayar dan dikembalikan, maka yang paling baik yaitu bersumber dari pajak," kata Cucu.

Karena itu menurutnya, Pemerintah saat ini berusaha untuk secara bertahap naikkan tax ratio di Indonesia yang saat ini masih tergolong rendah.

"Saat ini tax ratio kita di Indonesia masih tergolong rendah baik di kawasan Asia maupun Asia Tenggara yaitu kisaran 12 persen, ini yang pelan-pelan pemerintah berusaha meningkatkan," kata Cucu.(Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved