CPNS 2018

Peserta Tak Lolos Tes SKD Masih Bisa Ikut SKB CPNS 2018 Berdasarkan Aturan Baru, Ini Penjelasannya

Peserta yang tak lolos tes SKD CPNS 2018, ternyata berpotensi untuk tetap bisa ikut tes SKB CPNS 2018. Sebelumnya

BANJARMASINPOST.CO.ID - Peserta yang tak lolos tes SKD CPNS 2018, ternyata berpotensi untuk tetap bisa ikut tes SKB CPNS 2018. Sebelumnya, Pendaftaran CPNS 2018 dilakukan di sscn.bkn.go.id.

Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pemerintah mengeluarkan peraturan baru mengenai sistem kelulusan bagi peserta Tes SKD CPNS 2018 yang dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Nah, bagaimana penjelasannya, peserta yang lolos tes SKD CPNS 2018 bisa ikut Tes SKB CPNS 2018?

Aturan tersebut termuat dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 61 Tahun 2018. Peraturan tersebut menjelaskan bahwa peserta SKB CPNS 2018 terdiri dari dua kelompok.

Baca: Jadwal Tes SKB CPNS 2018 1-4 Desember, Simak Cara Pengisian Formasi Kosong dengan Sistem Ranking

Baca: Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 pada 29 November Hoaks, Admin BKN: Masih Kau Lirik yang Lain

Baca: Alasan Utama Gisella Anastasia Gugat Cerai Gading Marten Hanya Diungkapkan pada Pihak Ini

Baca: Reaksi Indra Herlambang Dipilih Jadi Presiden Jomblo Pasca Pernikahan Baim Wong dan Paula Verhoeven

Baca: Fakta Baru Soal Gisella Anastasia Gugat Cerai Gading Marten Diungkap ART dan Sopir Pribadi

Baca: Reaksi Mengejutkan Gisella Anastasia Ditanya Soal Icha Gwen Terkait Gisel Gugat Cerai Gading Marten

Kelompok pertama yaitu peserta SKD yang memenuhi ambang batas atau passing grade. Kelompok kedua, peserta yang tidak memenuhi passing grade, tetapi mempunyai peringkat terbaik dari nilai kumulatif SKD.

Namun, peserta yang tidak memenuhi passing grade ini diberikan suatu aturan, salah satunya nilai minimal SKD untuk masing-masing formasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 61 Tahun 2018, kelulusan berdasarkan pemeringkatan nilai kumulatif ini diberlakukan apabila tidak ada peserta SKD yang dapat memenuhi passing grade pada formasi yang telah ditetapkan atau belum tercukupinya jumlah peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas untuk memenuhi jumlah alokasi formasi yang telah ditetapkan.

Di hari terakhir pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buton Selatan hanya meloloskan 42 orang peserta. Padahal yang mendaftar CPNS di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, sebanyak 4.416 orang.
Di hari terakhir pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buton Selatan hanya meloloskan 42 orang peserta. Padahal yang mendaftar CPNS di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, sebanyak 4.416 orang. (DEFRIATNO NEKE/KOMPAS.com)

Nilai paling rendah

Adapun ketentuan nilai kumulatif SKD bagi formasi umum, untuk jabatan dokter spesialis dan instruktur penerbang paling rendah 255.

Formasi umum untuk jabatan petugas ukur, rescuer, anak buah kapal, pengamat gunung api, penjaga mercusuar, pelatih/pawang hewan, penjaga tahanan, lulusan terbaik, dan disapora juga dikenai aturan yang sama, yaitu nilai kumulatif paling rendah 255.

Halaman
123
Editor: Murhan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved