Berita Kalteng

Warga Pinggiran Barsel Tak Terisolasi Lagi, Pemkab Bangun Tujuh Ruas Jalan

"Selama ini, kami hanya bisa menembus ke kota melalui jalur sungai menggunakan kelotok"

Warga Pinggiran Barsel Tak Terisolasi Lagi, Pemkab Bangun Tujuh Ruas Jalan
faturahman
Pejabat PUPR Kabupaten Barito Selatan saat memantau pembangunan jalan di Barito Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BUNTOK - Warga yang tinggal di Kecamatan Bintang Away, Karau Kuala dan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, merasa senang, setelah adanya pembukaan jalan baru di tempat mereka.

Betapa tidak, selama ini warga yang tinggal di tiga kecamatan yang ada di desa tersebut terisolasi, karena belum ada jalan darat yang tembus menghubungkan desa ke kecamatan hingga ke Kota Buntok.

"Selama ini, kami hanya bisa menembus ke kota melalui jalur sungai menggunakan kelotok, karena jalan darat belum tembus, sehingga dengan adanya jalan tembus yang dibangun tentu sangat membantu kami sebagai warga pinggiran," ujar Sahlin, Warga Dusun Selatan," ujarnya, Jumat (24/11/2018).

Baca: BREAKING NEWS - Ditemukan Mayat Perempuan dalam Mobil Swift, Warga Gambut Geger

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan terus mewujudkan visi dan misi Pasangan Bupati dan Wakil Bupati, H Eddy Raya Samsuri- Satya Titiek Atyani Djoedir untuk membuka keterisolasian sejumlah desa pada enam Kecamatan di Barsel dengan membangun tujuh ruas jalan.

Baca: Pemenggal Kepala Sudah Masuk Sel Polres Banjar, AKP Sofyan: Pelaku Warga Kapuas

Tujuh ruas jalan yang dibangun tersebut ada di Kecamatan Bintang Away, Karau Kuala dan Dusun Selatan serta kecamatan lainnya yang saat ini mulai tersambung jalan daratnya, setelah dilakukan pembangunan menggunakan dana APBN.

Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri, mengatakan, dana pembangunan proyek jalan multiyears yang diambil dari Dana APBN Rp300 miliar untuk tujuh ruas jalan penghubung antar kecamatan dan desa di Barito Selatan.

Baca: Driver Online Cantik Ini Sudah Dua Kali Ketangkep di Bandara, Mereka Bikin Aturan Seenaknya

"Masyarakat Barsel sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyalurkan dana APBN untuk pembangunan jalan di pinggiran kota di Barito Selatan tersebut," ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Barsel Agus In'yulius, mengatakan, selain pembangunan jalan penghubung antar kecamatan,
pembangunan jalan dalam kota juga dilakukan dan lebih kepada pemantapan jalan dan trotoar di Kota Buntok, sehingga kota tampak lebih tertata rapi dan tidak terkesan kumuh.

"Jalan dalam kota dan pinggiran kota saat ini terus dibangun untuk mendukung infrastruktur Buntok. Ini juga sesuai dengan keinginan Bupati Barito Selatan untuk membuka keterisolasian daerah untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Barsel," ujarnya.

(www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved