Berita Hulu Sungai Utara

Bayi Kembar Siam Dapat Perhatian Pemkab, Dirawat Intensif di RSUD Pambalah Batung

Abdul Wahid ditemani oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Agus Fidliansyah dan direktur rumah sakit pembalah Batung

Bayi Kembar Siam Dapat Perhatian Pemkab, Dirawat Intensif di RSUD Pambalah Batung
reni kurnia wati
Bayi yang lahir kembar siam yang dirawat intensif di RSUD Pembalah Batung Amuntai mendapat kunjungan Bupati HSU, Sabtu (24/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid kembali menjenguk bayi yang lahir kembar siam di RSUD Pembalah Batung Amuntai, Sabtu (24/11/2018).

Abdul Wahid ditemani oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Agus Fidliansyah dan direktur rumah sakit pembalah Batung dokter badrus melihat langsung kondisi bayi di ruang perinatologi yang saat ini tengah mendapatkan penanganan medis secara intensif.

Abdul Wahid menanyakan langsung bagaimana kondisi dari bayi yang lahir kembar siam pada Kamis (22/11/2018) di RS Mulia Amuntai. Diketahui bayi kembar siam yang merupakan anak kedua dari pasangan Ismi dan Madi lahir dengan memiliki satu badan dua kepala tiga tangan sepasang kaki dan tidak memiliki anus.

Baca: Siswa SMA Kepergok Selipkan Sabu di Kotak Rokok saat Bezuk di Rutan Barabai

Sebelumnya pihak rumah sakit juga telah melakukan pengecekan organ dalam yang ternyata bayi tersebut hanya memiliki satu jantung dan dua paru-paru serta alat pencernaan yang tidak sempurna.

Pihak RSUD pambalah Batung berupaya untuk melakukan rujukan ke RSUD Ulin Banjarmasin namun pihak rumah sakit masih belum menerima disebabkan ruang nicu yang penuh oleh pasien. Meski demikian bayi yang lahir kembar dan belum diberi nama ini mendapatkan perawatan intensif dari tim RSUD pambalah Batung yang terdiri dari 2 dokter spesialis bedah, 2 dokter spesialis anak, dokter anestesi, dokter radiologi dan dokter kandungan.

Baca: Hasil Babak 1, Barito Putera Tertinggal 2-0 dari Tuan Rumah Arema FC, Satu Gol Dicetak Mantan

Abdul Wahid mengatakan pihak rumah sakit telah memberikan pelayanan medis yang maksimal untuk menjaga kestabilan kondisi bayi yang lahir kembar siam tersebut. "K24ita telah membantu semaksimal mungkin termasuk dalam pengurusan administrasi," ujarnya.

Orang tua bayi yaitu Ismi dan Madi meskipun berasal dari Desa haur Gading Kecamatan haur Gading Kabupaten Hsu Namun ternyata data kependudukan pasangan ini merupakan Warga desa Waringin kecamatan haruai kabupaten Tabalong.

" kami telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten Tabalong untuk bisa mendaftarkan BPJS bayi dan kedua orang tua melalui jalur umum yang kartunya bisa diaktifkan," ujar Direktur RSUD Pembalah Batung dr Badrus.

Baca: Gisella Anastasia Tanyakan Gempita Ingin Bersama Mama atau Papa Gading Marten? Ini Jawabannya

Meskipun belum bisa dirujuk namun penanganan yang dilakukan di RSUD pambalah Batung adalah hasil dari koordinasi dengan dokter spesialis yang berada di RSUD Ulin Banjarmasin. jika pihak rumah sakit RSUD Ulin Banjarmasin telah memungkinkan untuk menerima pasien baru Maka bayi akan segera di rujuk.

Saat ini Ibu dari bayi yaitu Ismi telah di pindahkan ke RSUD pambalah Batung untuk recovery pasca operasi caesar. (banjarmasinpost.co.id/Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved