Bisnis Techno

Fitur Baru Chrome, Disebut Bisa Kelompokkan 'Tab' dalam Grup

Menurut bocoran yang beredar, pengelompokkan tab di browser Chrome ini nantinya bisa dilakukan berdasarkan jenis tab

Fitur Baru Chrome, Disebut Bisa Kelompokkan 'Tab' dalam Grup
GeekInsider.com
Google, Chrome 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Peramban Chrome versi PC kabarnya bakal kedatangan fitur baru untuk mempermudah pengelolaan tab yang terbuka, yakni dengan cara dikelompokkan menjadi grup-grup yang masing-masing berisi beberapa tab.

Menurut bocoran yang beredar, pengelompokkan tab di browser Chrome ini nantinya bisa dilakukan berdasarkan jenis tab. Bentuknya mungkin bakal mirip folder.

Boleh jadi pengguna akan dapat menyatukan semua tab untuk situs-situs yang berhubungan dengan pekerjaan dalam satu grup, kemudian menempatkan tab untuk situs-situs media sosial di grup lain.

Baca: Cuma 24 Peserta yang Memenuhi Passing Grade CPNS 2018, Banjarmasin Masih Kekurangan 1.358 Guru

Dengan demikian, pengguna pun bisa lebih mudah mengatur tab yang terbuka sehingga lebih rapi, alih-alih berderet padat di bagian atas jendela peramban saat membuka banyak tab sekaligus.

Keberadaan calon fitur baru bernama "Tab Groups" itu diketahui lewat sebuah laporan bug yang diajukan ke laman Chromium.org beberapa waktu lalu.

Baca: Bisa Hemat Rp 2 Miliar Setelah Masjid Istiqlal Olah Limbah Jadi Air Bersih

Tampilan baru Google Chrome di versi 69
Tampilan baru Google Chrome di versi 69 (google)

"Pengguna bisa mengatur tab ke dalam grup yang berbeda secara visual, misalnya untuk membedakan kelompok tab berdasarkan jenis pekerjaan terkait," bunyi deskripsi fitur Tab Groups dalam laporan itu.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Minggu (25/11/2018), fitur Tab Groups di Chome kabarnya masih berada dalam tahap awal pengembangan.

Baca: VIDEO - Link Live Streaming RCTI Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF 2018, Demi Rekor!

Meskipun indikasi keberadaannya sudah mulai terlihat, masih belum jelas kapan fitur pengelompokkan tab akan hadir di Chrome.

Sebelumnya, sudah ada beberapa ekstensi pihak ketiga (third party) yang sudah menawarkan fungsi tab grouping ini seperti Toby dan Tab Group, untuk Chrome dan peramban lain.

Peramban Edge besutan Microsoft pun diketahui sudah memiliki fitur bernama "Set tabs aside" yang fungsinya lebih kurang serupa.

Berita Ini Juga Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved