Mereka Bicara

Kepala Dinas PUPR Banjar, Drainase di Jalan Menteri Empat dan Tajung Rema Rusak?

Apakah Kabupaten Banjar bisa mengikuti jejak Kota Banjarbaru untuk memperbaiki sistem drainase dengan metode Uditch?

Kepala Dinas PUPR Banjar, Drainase di Jalan Menteri Empat dan Tajung Rema Rusak?
Banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaili
Kawasan Tanjung Rema Martapura Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR - Yth. Kepala Dinas PUPR Kab. Banjar. Kami masyarakat sangat mengeluhkan drainase pada sepanjang Jalan Menteri Empat dan daerah Tanjung Rema.

Apakah Kabupaten Banjar bisa mengikuti jejak Kota Banjarbaru untuk memperbaiki sistem drainase dengan metode Uditch? Saya rasa APBD Kab. Banjar sangat mencukupi untuk melakukan revitalisasi drainase tersebut. Terima kasih. 081357247885

TANGGAPAN:
TERIMA KASIH atas perhatiannya untuk kondisi infrastruktur di Kabupaten Banjar. Diinformasikan, untuk menyelesaikan masalah genangan air dengan keberadaan sistem jaringan drainase yang andal perlu penyelesaian secara menyeluruh dan tidak bisa parsial.

Perlu melibatkan dukungan dari semua pihak terkait dan yang paling utama adalah masyarakat pada wilayah atau catchment area tersebut. Yang dilakukan bukan menyalurkan air sebanyak-banyaknya melalui saluran drainase, tetapi menahan air sebanyak-banyaknya untuk disalurkan sesedikitnya ke saluran drainase hingga ke outlet.

Karena itu pada tahun 2018 ini sedang disusun dokumen perencanaan sistem jaringan drainase Kawasan Sekumpul. Insya Allah Tahun 2019 di kawasan Tanjung Rema dan secara bertahap ke kawasan-kawasan lainnya di dalam Kota Martapura.

Perencanaan disusun secara partisipatif melibatkan masyarakat saat FGD sampai saat penyampaian laporan akhir. Sehingga perencanaan yang dihasilkan benar-benar implementatif, bisa diwujudkan.

Pelaksanaan fisik dari hasil perencanaan sistem jaringan drainase kota ini akan dimulai Tahun 2019 yang akan datang, dimulai dari kawasan Tanjung Rema dan secara bertahap dilanjutkan ke kawasan-kawasan lainnya di Kota Martapura sesuai kemampuan keuangan daerah. Diharapkan hasilnya bisa optimal dengan biaya yang lebih efisien, tanpa bongkar pasang selama jangka waktu perencanaan yang lebih panjang.

Saat ini yang dilakukan adalah mengoptimalkan fungsi infrastruktur dan saluran drainase yang ada dengan upaya mempertahankan kondisi penampang basah saluran yang ada melalui pembersihan dan perbaikan konstruksi saluran yang ada.

Insya Allah dari hasil perencanaan sistem jaringan drainase akan ada penyesuaian infrastruktur termasuk saluran drainase yang akan dibangun dengan luas penampang saluran yang tepat, apakah menggunakan sistem saluran tertutup atau terbuka dengan Type Uditch seperti yang diusulkan atau type lainnya, tergantung dari hasil perhitungan saat perencanaan dengan memperhatikan berbagai aspek.

H Mokhamad Hilman
H Mokhamad Hilman (banjarmasinpost.co.id/frans)

H MOKHAMAD HILMAN
Kadis PUPR Kabupaten Banjar

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved