Bumi Selidah

Lomba Bercerita di Batola, Pererat Persaudaraan dan Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya

Lomba bercerita sangat positif bagi siswa untuk lebih mengenalkan cerita-cerita rakyat sehingga dapat mempererat rasa persaudaraan

Lomba Bercerita di Batola, Pererat Persaudaraan dan Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya
HO/Humas Batola
Lomba Bercerita Bagi Siswa SD, SLTP, dan SLTA sederajat Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2018 

BANJARMASINPOSt.CO.ID, MARABAHAN - Lomba bercerita sangat positif bagi siswa untuk lebih mengenalkan cerita-cerita rakyat sehingga dapat mempererat rasa persaudaraan dan menumbuhkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan terbingkai dalam satu kebhinekaan.

Demikian diutarakan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS melalui Asisten Bidang Pemerintahan, M Anthony SSos MIP, saat membuka Lomba Bercerita Bagi Siswa SD, SLTP, dan SLTA sederajat Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2018 yang dilaksanakan Dinas Perpustaan dan Kearsipan (Dispersip), di Aula Pertemuan Kantor Kemenag Batola, Rabu (21/11/2018).

“Kegiatan ini sangat berguna dalam mendorong semakin meluasnya kegemaran dan minat membaca yang idealnya memang harus dimulai dan dibiasakan sejak dini dengan terus diupayakan secara berkelanjutan di setiap level tingkatan sekolah,” katanya.

Menurut bupati, dengan banyak membaca berbagai ilmu pengetahuan tentunya akan semakin menambah wawasan sekaligus membuka cakrawala berpikir yang lebih luas guna menunjang pengembangan bakat, potensi serta kemampuan dasar yang dimiliki dalam rangka mencapai cita-cita masa depan.

Untuk itu, bupati berharap, melalui kegiatan akan mampu menjadi sarana motivasi diri sekaligus melatih kesiapan mental dan keberanian untuk tampil serta lebih percaya diri dalam meraih prestasi sekaligus impian.

Pada kegiatan yang sekaligus untuk mencari bakat dan potensi guna nantinya diikutkan ke tingkat lebih tinggi itu, bupati berpesan kepada semua peserta hendaknya mampu memanfaatkan kesempatan untuk terus belajar dan belajar.

“Rajin-rajinlah mengasah dan memaksimalkan potensi dengan banyak membaca berbagai buku bermanfaat baik di sekolah maupun dengan datang ke perpustakaan serta lainnya,” sarannya.

Sebelumnya,Sekretaris Dispersip Batola, Ahmad Royani mengatakan, tujuan dilaksanakan Lomba Bercerita Bagi Siswa SD, SLTP, dan SLTA sederajat ini selain menciptakan minat baca dan daya dorong di kalangan anak didik juga untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca serta menanamkan kebanggaan kebudayaan daerah dan bangsa. Tujuan lainnya, tambah Royani, diharapkan kegiatan dapat menarik kebiasaan membaca melalui buku-buku cerita lokal, budaya daerah, sejarah dan kepahlawanan. (*/aol).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved