Berita Hulu Sungai Tengah

Baznas Kalsel Serahkan Bantuan Rp 10 Juta, untuk Renovasi Madrasah Aliyah di Tempat Ini

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel menyalurkan dana senilai Rp 10 juta untuk renovasi Madrasah Aliyah Batutangga

Baznas Kalsel Serahkan Bantuan Rp 10 Juta, untuk Renovasi Madrasah Aliyah di Tempat Ini
Hanani
Ketua Baznas Kalsel H Gusti Rusdi effendi AR menyerahkan bantuan Rp 10 juta dari Baznas Kalsel, untuk Madrasah Aliyah (MA ) Batutangga, di Desa Batutangga, Kecamatan Batangalai Timur, HST, Rabu (28/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel menyalurkan dana senilai Rp 10 juta untuk renovasi Madrasah Aliyah Batutangga, di Kecamatan Batangalai Timur, Hulu Sungai Tengah, Rabu (28/11/2018).

Sekolah tersebut, merupakan sekolah swasta yang dibangun secara swadaya masyarakat sekitar empat tahun lalu. Penyerahan dana tunai itu langsung oleh Ketua Baznas Kalsel H Gusti Rusdi Effendi AR kepada Ketua Yayasan Pendidikan Islam Batutangga, H Abdul Samad disaksikan Kepsek MA Batutangga Musdalifah serta para guru lainnya.

Gusti Rusdi Effendi AR datang bersama rombongan pengurus Baznas Kalsel antara lain H Irhamsyah Safari, M Arsyad serta pengurus lainnya dari Kalsel dan dari Baznas HST serta pihak Kemenag HST.

Baca: Jadwal Siaran Langsung SCTV Award 2018, Syahrini Nyanyikan Cintaku Kandas, Terkait Reino Barack?

Rusdi menyampaikan, bantuan tersebut untuk membangun bagian lantai, tiga kelas di sekolah yang masih berupa tanah merah. Kondisi sekolah sendiri, masih belum begitu layak, karena dibangun dengan bahan seadanya.

Dindingnya terbuat dari bahan papan sibitan yag dipasang dengan jarak tak rapat. Sebagian dindingnya hanya kawat. Sedangkan atapnya dari seng, yang sebagian seng baru, sebagian agi seng bekas. Tiga ruang sekolah tersebut juga belum berplafon.

Menurut Kepsek, Musdalifah, MA didirikan Abdul Samad, setelah membangun MTs Batu Tangga.

Baca: Sedang Berlangsung! Live Streaming PSS Sleman vs Kalteng Putra via Live Streaming TV One Liga 2 2018

Atau yang dikenal sebagai sekolah “Laskar Pelangi” Sekolah itupun dibangun atas aspirasi masyarakat, yag menginginkan agar selepas MTs, anak mereka langsung bisa melanjutkan ke Madrasah Aliyah. Sampai 2018, sudah meluluskan puluhan siswa, dan telah operasional sekitar empat tahun.

Namun, pada 2018 ini, hanya ada 33 siswa terdiri tiga kelas. Adapun tenaga pengajarnya, hanya satu orang guru PNS. Selebihnya, adalah guru honor, termasuk kepala sekolahnya.

Sementara, Gusti Rusdi berharap, bantuan BAznas yang dihimpun dari umat Islam Kalsel tersebut memberikan manfaat, serta digunakan sepenuhnya untuk memperbaiki fasitas gedung sekolah.

Baca: Link 32 Instansi yang Mengumumkan Hasil Tes SKD & Peserta Lolos Ikut Tes SKB CPNS 2018 Segera

“Menurut penilaian kami, terpenting membangun lantai dasar dulu yang masih berupa tanah, agar tak berdebu. Juga agar kelihatan bersih dan rapi. Untuk membangun bangian lainnya, mungkin bisa dilaksanakan bertahap,” kata Rusdi.

Diapun mengimbau pihak sekolah, agar lebih menata lingkungan sekolah, dengan menciptakan keindahan dan kebersihan.

Selain bantuan tunai Rp 10 juta, sebelumya awal Nopember lalu, BAznas Kalsel, diwakili H Irhamsyah Safari menyerahkan bantuan lima ekor sapi, untuk dipelihara pihak yayasan, dengan tujuan pihak yayasan memiliki sumber penghasilan sendiri untuk operasinal sekolah.

Pada 2013 silam, bantuan tiga ekor sapi juga diserahkan. Menurut Ketua Yayasan Pendidikan Islam Batutangga, H Abdul Samad, sapi-sapi itu telah melahirkan beberapa anak yang hasil penjualannya untuk membangun ruang kelas MA yang sekarang ini.

Baca: Jadwal Liga Champions Malam Ini, Live RCTI PSG vs Liverpool, Tottenham vs Inter Milan di K-vision

“Hasilnyapun digunakan untuk kepentingan operasinal yayasan, mengembangkan kemajuansekolah, baik dari sisi fasilitas maupun sumber daya manusianya,”katanya.

Abdul Samad, menyatakan, berterimakasih kepada BAznas Kalsel yang sangat peduli pendidikan swasta berbasis Islam. ”Bantuan ini insya Allah sangat cukup untuk membangun lantai di tiga kelas dan keperluan lainnya. Untuk perbaikan fasilitas lainnya, kami upayakan. Namun, jik ada donator lain yang ingin menyumbang,kami sangat berterimakasih,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved