Mistis Dunia Seni Peran Banjar

Pentaskan Kuyang, Banyak Pemain Teater Kerasukan

Mengangkat budaya lokal dalam pementasan teater memang tak gampang. Perlu pemahaman tradisi agar pertunjukan berjalan lancar.

Pentaskan Kuyang, Banyak Pemain Teater Kerasukan
istimewa/ dokumen Risty
Tari Pertunjukan Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mengangkat budaya lokal dalam pementasan teater memang tak gampang. Perlu pemahaman tradisi agar pertunjukan berjalan lancar.

Salah satu cerita mistis dalam khazanah budaya Banjar adalah kuyang. Tema tentang mahluk astral ini pernah diangkat ke pentas tari.

Konon, kuyang adalah siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan.

Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kabarnya, sebenarnya kuyang adalah manusia berkelamin wanita yang mengkaji ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Baca: Ada Penari yang Kerasukan, Piduduk Langsung Diterbangkan Pakai Pesawat dari Banjarmasin

Baca: Jadwal Semifinal Liga 2 2018, PSS vs Kalteng Putra (Live TV One), Semen Padang vs Persita Hari Ini

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Champion di RCTI Malam Ini Kamis (29/11), Liverpool, PSG, Madrid Main

Baca: Djarot Bocorkan Rencana Ahok Pasca Bebas dari Penjara Jelang Pilpres 2019, Ini Sikap Fahri Hamzah

Saat siang, seorang kuyang berlaku layaknya wanitas biasa, namun biasanya mengenakan jubah. Kemudian pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai syarat menambah kekuatan ilmunya.

Jika ada orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar. Melawan kuyang ini menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga macam panci atau wajan.

Risty Setianingsih, Penata Tari Manajemen Seni Pertunjukan, menceritakan, dalam suatu produksi tari ia turut jadi penari.

"Produksi tari bertema kuyang ini memang nuansanya magis. Setelah pementasan ternyata banyak yang kesurupan. Di kelompok lain ada penari yang menangis saat kerasukan," ungkapnya.

Baca: Kisah Raja Malaysia yang Nikahi Ratu Kecantikan Moskow 2015 yang Usianya 24 Lebih Muda

Baca: Hasil Akhir Juventus vs Valencia Liga Champion 2018, Skor 1-0, Umpan Ronaldo Berbuah Gol

Baca: Hasil Lengkap & Klasemen Liga Champion 2018 Matchday 5, 7 Tim Susul Barcelona di 16 Besar

Risty sendiri saat tampil menari juga merasakan suasana ganjil. Ia merasa ada mahluk lain yang turut menonton pertunjukan.

"Begitulah kalau mengangkat cerita legenda. Namun Alhamdulillah saya selalu ingat kepada Allah SWT sehingga tak diganggu," tukasnya.

Saat pementasan bertema Putri Junjung Buih juga ada pengalaman tak biasa yang dirasakan Risty. Bagaimana pengalaman itu? Mari terus simak kelanjutan ceritanya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved