Dana Kelurahan

Dana Kelurahan Tidak Menggantikan Anggaran Kelurahan yang Sudah Dialokasikan Kabupaten dan Kota

Merujuk laman Sekretariat Negara di setkab.go.id, dana kelurahan merupakan anggaran yang dialokasikan khusus untuk kelurahan

Dana Kelurahan Tidak Menggantikan Anggaran Kelurahan yang Sudah Dialokasikan Kabupaten dan Kota
BPost Cetak
BPost edisi cetak Jumat (30/11/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Merujuk laman Sekretariat Negara di setkab.go.id, dana kelurahan merupakan anggaran yang dialokasikan khusus untuk kelurahan dengan besaran yang berbeda dengan dana desa.

"Besaran jumlah alokasi anggaran tentu berbeda dengan jumlah dana desa, luas wilayah kelurahan kecil, walaupun mungkin kalau jumlah penduduk lebih banyak dari desa, tapi kan berbeda masalahnya, infrastruktur di desa lebih kompleks dan luas," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang tertera dalam laman Sekretariat Negara, Sabtu (21/10).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Presiden Joko Widodo menginstruksi seluruh dana kelurahan dipakai untuk pembangunan sarana prasarana, kelurahan-kelurahan yang masih memiliki kondisi yang tidak baik sekaligus dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca: KPI Hentikan Sementara Program Pagi Pagi Pasti Happy Usai Bahas Kriss Hatta, Gading dan Gisel

Baca: Icha Gwen Mengaku Mending Pilih Hotman Paris Daripada Gading Marten, Ini Alasannya

Baca: 203 Instansi Siap Umumkan Hasil Tes SKD, Cek Link Resmi dan Persiapan Tes SKB CPNS 2018 di Sini

Sri memastikan, dana kelurahan ini tidak menggantikan anggaran kelurahan yang sejak awal sudah dialokasikan kabupaten dan kota melalui peraturan perundang-undangan.

Dana kelurahan akan ditransfer oleh pemerintah pusat ke daerah lewat Dana Alokasi Umum (DAU).

Sementara terkait dengan payung hukum, meski UU APBN 2019 sudah disahkan oleh DPR, namun pemerintah tetap akan membuat peraturan khusus yang mengatur dana kelurahan ini.

"UU APBN sudah ada. Tapi kita juga menggunakan untuk peraturan pemerintah, peraturan Mendagri, serta peraturan menteri keuangan," kata dia.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved