Dana Kelurahan

Juklak Belum Turun, Pemkab Banjar Belum Bisa Sosialisasi ke Para Lurah

Di kabupaten Banjar, sebanyak 13 kelurahan mendapat kucuran dana senilai Rp 4,8 miliar.

Juklak Belum Turun, Pemkab Banjar Belum Bisa Sosialisasi ke Para Lurah
BPost Cetak
BPost edisi cetak Jumat (30/11/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Di kabupaten Banjar, sebanyak 13 kelurahan mendapat kucuran dana senilai Rp 4,8 miliar.

"Informasi ini disampaikan oleh Badan Pendapatan Keuangan dan Asset Daerah (BPKA) kepada kami," kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Banjar, Ari Akbar, Kamis (29/11).

Pejabat eselon III di Bumi Barakat ini mengatakan, hingga saat ini belum ada informasi lanjutan sehingga belum ada langkah teknis yang bisa dilakukan.

"Misalnya sosialisasi kepada kalangan lurah, ya belum bisa kami lakukan karena belum turun juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis)-nya," ujarnya.

Berapa nominal dana yang akan diterima tiap kecamatan, Ari mengatakan belum bisa ditentukan karena belum ada petunjuk teknisnya dari pemerintah pusat.

Baca: Update Hasil Tes SKD dan Peserta Tes SKB CPNS 2018 Mahkamah Agung, Kemensetneg, KKP dan 7 Link Lain

Baca: KPI Hentikan Sementara Program Pagi Pagi Pasti Happy Usai Bahas Kriss Hatta, Gading dan Gisel

Baca: Icha Gwen Mengaku Mending Pilih Hotman Paris Daripada Gading Marten, Ini Alasannya

“Namun jika dirata-ratakan berdasar jumlah kelurahan, maka masing-masing bakal mendapatkan sekitar Rp 370 juta,” ujarnya.

Ari mengatakan dia memberikan arahan kepada para lurah, saat Rakor awal November 2018 lalu, agar pemanfaatan dana dari pusat tersebut difokuskan untuk dua hal, yakni kegiatan sarana prasana penunjang kelurahan dan pemberdayaan masyarakat.

Misalnya membikin loket layanan satu pintu atau menyediakan ruang tunggu yang memadai, dalam upaya meningkatkan kenyamanan masyarakat yang berurusan di kantor kelurahan.

"Lalu pada bidang pembedayaan masyarakat, misalnya menggelar pelatihan usaha ekonomi produktif,” ujarnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved