Berita Kalteng

UU ITE dan UU Pers Dibahas dalam Pelatihan Liputan Kriminal yang Digelar PWI Kalteng

Puluhan wartawan dan mahasiswa di Kalimantan Tengah, Sabtu (1/12/2018) mengikuti kegiatan pelatihan wartawan

UU ITE dan UU Pers Dibahas dalam Pelatihan Liputan Kriminal yang Digelar PWI Kalteng
faturahman
Wartawan dan mahasiswa di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (1/12/2018) mengikuti kegiatan pelatihan wartawan bidang liputan kriminal yang di gelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Puluhan wartawan dan mahasiswa di Kalimantan Tengah, Sabtu (1/12/2018) mengikuti kegiatan pelatihan wartawan bidang liputan kriminal yang di gelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Kalteng.

Pelatihan peliputan bidang kriminal yang diberikan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Tengah tersebut menghadirkan beberapa pembicara dalam pelatihan diantaranya Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Rikwanto dan pengurus PWI Pusat, Oktafriadi, Ketua Bidang Pembelaan Wartawan.

Plt Ketua PWI Kalteng, Sadagori H Binti atau Ririn Binti, mengatakan, sebanyak 60 orang wartawan dan mahasiswa ikut dalam kegiatan tersebut, untuk menambah pengetahuan wartawan dan mahasiswa dalam meliput berita kriminal.

Baca: Cek Lokasi Tes SKB CPNS 2018 Kemenkumham di 33 Provinsi dan Hasil Tes SKD Untuk Jenjang SMA - S1

"Program ini dibantu oleh bantuan dana hibah dari Pemprov Kalteng sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan wartawan maupun mahasiswa dalam pengembangan sumber daya manusia wartawan agar lebih profesional dalam peliputan," ujar Ririn.

Baca: Prediksi Susunan Pemain PSMS Medan vs Persebaya Surabaya Liga 1 Pekan 33 Malam Ini Live Indosiar

Pembicara dari PWI Pusat, Oktafriadi, yang juga Ketua PWI Sumatera Selatan, dalam kesempatan tersebut mengatakan, dia sampai saat ini masih aktif dalam pembelaan wartawan. Dia sudah 14 tahun memimpin koran kriminal.

"Alhamdulillah saya sudah 14 tahun memimpin koran khusus kriminal, dan sempai saat ini aman saja tanpa ada gugatan. Saya bersama ketua PWI pusat akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas wartawan, melalui kegiatan seperti ini," ujarnya.

Baca: BREAKINGNEWS : Warga Pasar Kenjot Geger! Pria Dicari-cari Kelurganya Ditemukan dalam Kondisi Ini

Dia menyoroti, adanya dua aturan dalam penulisan berita yang terkadang masih menghantui wartawan di lapangan yakni penerapan UU Pers No.40/1999 dan UU ITE yang saat ini kerap saling bertentangan dalam kasus hukum yang dikenakan kepada wartawan, ketika terbelit masalah hukum.

Masalah penggunaan UU ITE dan UU Pers tersebut dibahas mendalam bersama Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Rikwanto, dan Pengurus PWI Kalteng dan Pusat dalam kegiatan pelatihan wartawan bidang peliputan kriminal yang digelar PWI Kalteng tersebut.

(www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved