Kampusiana

Berkenalan dengan Dunia Kerja, Mahasiswa FMIPA ULM Undang Pengusaha Ini

Selain itu butuh strategi untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, dan yang tak kalah penting adalah bagaimana kesiapan menghadapi tantangan dunia kerja

Berkenalan dengan Dunia Kerja, Mahasiswa FMIPA ULM Undang Pengusaha Ini
Istimewa
Foto bersama mahasiswa FMIPA ULM usai acara pengenalan dunia kerja. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Globalisasi semakin berkembang pesat. Saat ini persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat karena terbatasnya peluang dan minimnya lowongan kerja. Dibutuhkan kecermatan dalam menentukan pilihan yang sesuai minat dan kemampuan.

Selain itu butuh strategi untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, dan yang tak kalah penting adalah bagaimana kesiapan menghadapi tantangan dunia kerja yang akan dimasuki.

Lulusan perguruan tinggi seharusnya mempunyai bekal yang cukup untuk mempersiapkan diri menghadapi ketatnya persaingan dalam dunia kerja.

Baca: BREAKING NEWS - Sekujur Tubuhnya Terbakar, Guru Honorer di Takisung Mengaku Usai Cekcok dengan Suami

"Dari itu kita dari Himpunan Mahasiswa Kimia “Redoks” FMIPA Universitas Lambung Mangkurat meningkatkan kesiapan lulusan menghadapi dunia kerja dengan menyelenggarakan pengenalan dunia kerja dengan tema “Understanding strategy for getting great job ini," jelas Humas Himamia Redoks FMIPA ULM, Nadia kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (03/12/2018).

Pengenalan dunia kerja selama ini sebutnya rutin dilaksanakan tiap satu tahun sekali dan tidak hanya untuk mahasiswa program studi kimia, namun acara ini juga dibuka untuk umum.

Baca: Respons Iwan Fals Terhadap Reuni Akbar 212, Ingin Jawab Tapi Sudah Janji Usai Pilpres 2019 Nanti

Dalam pengenalan dunia kerja tahun ini, HIMAMIA “Redoks” mengundang pembicara yaitu Abdi Abdullah Thalib yang merupakan Alumni Kimia FMIPA ULM angkatan 2012 yang sudah memiliki usaha sendiri sejak kuliah hingga sekarang, dan juga bekerja sebagai business & product development manager di sebuah perusahaan di Kalimantan Selatan.

Pembicara lain yaitu Taufiqur Rahman, dosen kimia FMIPA ULM yang selama ini juga aktif barkecimpung di beberapa perusahaan di Kalimantan Selatan.

Pembicara lainnya yaitu Rochman Hidayat, selaku HR Services Section Head PT. Adaro Indonesia.

Baca: Klasemen Liga 1 Pekan 33 Usai Hasil Bhayangkara FC vs PSM Makassar: Skor Akhir 0-0, Persija Juara?

Dalam paparannya kemarin, di Aula Einstein Taufiqur Rahman memaparkan bagaimana seharusnya sikap mahasiswa setelah lulus kuliah.

"Setiap mahasiswa harus menyadari dan memanfaatkan sumber daya digital di internet untuk meningkatkan kapasitas dan kualitasnya," ujarnya.

Penyampaian kedua disampaikan oleh Abdi Abdullah Thalib. Ia lebih menekankan kepada kewirausahaan terkait apa itu wirausaha, bagaimana lika-liku untuk mencapai kesuksesan wirausaha , itu semua tidak lepas dari niat, usaha, dan doa.

Sementara itu, Rochman Hidayat banyak memaparkan hal terkait kebutuhan dunia industri, pentingnya meningkatkan kompetensi hardskill dan softskill, mengenal diri dan mengetahui kebutuhan perusahaan.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved