Ekonomi dan Bisnis

BI Perkuat Daya Saing UMKM Kalsel via Program Klaster

Dukung perkembangan ekonomi dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Bank Indonesia Kalsel terus menguatkan pengembangan klaster

BI Perkuat Daya Saing UMKM Kalsel via Program Klaster
banjarmasinpost.co.id/acm
Kepala KPw BI Kalsel, Herawanto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dukung perkembangan ekonomi dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Bank Indonesia Kalsel terus menguatkan pengembangan klaster ketahanan pangan dan produk unggulan daerah.

Menurut Kepala KPw BI Kalsel, Herawanto, saat ini, terdapat empat klaster yang sedang aktif dilakukan KPw BI Kalsel untuk kembangkan perekonomian Kalsel dengan perkuat daya saing sektor UMKM.

Diantaranya yaitu klaster padi unggul di Kabupaten Tanah Bumbu, klaster bawang merah di Kabupaten Tapin, Klaster Ikan Air Tawar di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Klaster Ampulung di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Melalui proyek klaster di berbagai sektor ini, KPw BI melakukan berbagai pengembangan model bisnis hingga mendapatkan model bisnis ideal.

Baca: Daftar Uang Kertas Ditarik Peredaran BI Per 31 Desember 2018, Tak Berlaku di 2019

Baca: Jadwal UN SMP 2019 Resmi Dirilis Pemerintah, Juga Ada Kisi-kisinya, Perhatikan Hari & Tanggalnya

Baca: Kemendikbud Bocorkan Kisi-Kisi Soal USBN dan UN 2019, Download dan Pelajari di Sini

Model bisnis yang dinilai ideal pun mencakup segala hal mulai dari teknis produksi seperti alur dan pola produksi, metode yang digunakan dan yang lainnya.

Nantinya model bisnis yang ideal ini dapat ditiru dan di aplikasikan oleh bisnis sejenis untuk bisa kembangkan bisnis yang berdaya saing tinggi.

Herawanto menambahkan, pihaknya juga telah melakukan riset Komoditas Produk dan Jasa Unggulan (KPJU) UMKM pada tahun 2017 yang mengidentifikasi komoditas unggulan di setiap Kabupaten.

"Riset lainnya yaitu dalam bentuk lending model produk potensial berbasis kearifan lokal. Tahun ini, kami telah menyelesaiakan penelitian mengenai pembiayaan Tenun Pagatan," kata Herawanto.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved