Berita Kesehatan

Lancarkan Haid dengan Soda? Putri Pariwisata Tanbu Ini Pernah Coba, Hasilnya Mengerikan!

Menstruasi atau haid sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan perempuan.

Lancarkan Haid dengan Soda? Putri Pariwisata Tanbu Ini Pernah Coba, Hasilnya Mengerikan!
Olvia Rianda Dwi Anjarsari untuk BPost Online
Putri Pariwisata Kabupaten Tanahbumbu 2018 Olvia Rianda Dwi Anjarsari 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menstruasi atau haid sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan perempuan. Tak peduli sudah berapa ratus kali Anda mengalami haid, tamu bulanan ini tetap saja bisa jadi hal yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak gangguan yang dialami di masa menstruasi dan kadang untuk mengatasi gangguan itu banyak cara dilakukan kaum hawa seperti minum air soda untuk melancarkan haid.

Namun bagi Putri Pariwisata Kabupaten Tanahbumbu 2018 Olvia Rianda Dwi Anjarsari, cara-cara itu hanya mitos belaka.

Malahan sebut Olvia, mengkonsumsi soda saat sedang haid berbahaya, karena faktanya mengonsumsi minuman bersoda memang tak dianjurkan saat sedang haid.

Baca: Jadwal Lengkap UN 2019 SMA/SMK: Tanggal, Mata Pelajaran dan Waktu Pengerjaan, Cek Disini!

Kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalamnya dapat memperburuk gejala haid. Kafein bersifat vasokonstriktor atau mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di daerah rahim (uterus).

Bila hal ini terjadi akan menyebabkan kram perut yang dialami saat haid semakin berat. Tak hanya itu, kafein juga diketahui dapat memicu kecemasan, depresi, dan nyeri payudara pada saat haid.

Baca: Tegang Hadapi UN! Ayo Download Kisi-Kisi UN & USBN SMP hingga SMA 2018/2019. Linknya di Sini

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda pun sama tidak baiknya dengan kafein. Gula memiliki sifat inflamatori atau memicu peradangan. Bila dikonsumsi saat haid, kadarnya akan menjadi tidak stabil dalam darah dan akan memperparah kram perut.

Di samping itu, gula dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh tidak seimbang, sehingga memicu mudah lelah dan kurang berenergi.

"Saya pernah mencobanya karena penasaran dengan babyaknya orang yang bilang bahwa soda tidak baik untuk wanita haid, dan reaksi nya memang benar terjadi, saya merasakan nyeri di bagian perut yg sangat menyakitkan dan itu membuat badan saya jadi lemas tdak bertenaga," kata Olvia.

Baca: Kemenkeu Bakal Naikkan Gaji Kepala Daerah, Sri Mulyani: Supaya Kepala Daerah Tidak Korupsi

Kalau melancarkan haid Olvia lebih sering minum jamu kunyit asam, karena memang khasiatnya sangat manjur untuk melancarkan haid dan meredakan nyeri saat haid.

Tidak lupa juga katanya memperbanyak mengonsumsi buah-buahan.

"Kalau bahan alaminya itu tadi yang sudah saya sebutkan yaitu kunyit asam di rebus ditambah sedikit gula merah. Alhamdulillah menstruasi saya lancar, dan untuk masalahnya ya seperti nyeri di perut pegal di pinggang," sebut dja.

Tapi itu hal yang wajar saja, kebanyakan wanita yang sedang haid di hari pertama kedua pasti merasakan itu. Olvia sendiri selalu minum jamu kunyit asam itu, jadi nyeri dan pegal berkurang.

(Banjarmasin post.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved