Ekonomi dan Bisnis

Musim Hujan, Jasa Laundry di Kota Banjarmasin Alami Peningkatan Konsumen

Memasuki musim hujan yang belakangan ini terjadi di Kota Banjarmasin, tampaknya menjadi berkah bagi pengusaha penyedia jasa cuci pakaian atau laundry.

Musim Hujan, Jasa Laundry di Kota Banjarmasin Alami Peningkatan Konsumen
Muhammad Maulana
Karyawan Fareesya Laundry, Lia saat melayani konsumen. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki musim hujan yang belakangan ini terjadi di Kota Banjarmasin, tampaknya menjadi berkah bagi pengusaha penyedia jasa cuci pakaian atau laundry.

Seperti halnya yang diungkapkan Pemilik Maha Laundry, Jalan Bali Banjarmasin, Intan, saat musim hujan terjadi peningkatan pengguna jasa laundry.

"Karena biasanya orang habis kehujanan pakaian banyak kotor, jadi konsumen tidak ingin ribet jari diserahkan ke tampat kami," ujarnya.

Biasanya pada musim panas dalam sehari ia mengaku hanya 20 sampai 30 konsumen. "Kalau musim hujan seperti sekarang bisa 40 sampai 50 konsumen. Sekarang kan masih awal-awal musim hujan, mungkin kalau setiap hari hujan konsumen lebih banyak lagi," ujarnya.

Baca: Cara Menonton Live Streaming Juventus vs Inter Milan Liga Italia Pekan 14 Bagi Pengguna Telkomsel

Soal konsumen di tempatnya, saat ini masih didominasi para mahasiswa dan pekerja kantoran. "Jenis pakaian masih dominan seperti kaus, kemeja, dan celana. Selain itu ada juga handuk dan selimut," ungkapnya.

"Kalau tarif yang kami tawarkan cuci kering Rp 4 ribu, cuci setrika Rp 5 ribu, atau setrika saja Rp 4 ribu. Untuk harga biasa ini minimal selesai selama dua hari," terangnya.

Baca: Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018, Pelatih Barito Putera U-16 Instruksikan Hal Ini kepada Pemain

Ia melanjutkan, selain itu konsumen bisa memilih paket express yang selesai hanya sehari dengan tarif Rp 10 ribu untuk cuci dan setrika. "Tapi kebanyakan di sini masih memilih paket yang Rp 5 ribu," imbuhnya.

Sementara itu penyedia jasa laundry lainnya seperti Fareesya Laundry, Jalan Sutoyo S Banjarmasin, juga alami peningkatan jumlah konsumen. Dijelaskan karyawannya Lia, peningkatan selama musim hujan hingga 50 persen.

"Kalau musim hujan memang mengalami peningkatan, mungkin karena konsumen tidak ingin ribet mencuci tidak kering-kering, jadi memilih menggunakan jasa kami," kata Lia.

Baca: Airin Rachmi Diany Tentang Kabar Suami Sekamar Artis di Hotel, Kinerja Airin Terpengaruh?

Pada musim panas biasanya ia menerima 10 hingga 15 konsumen. "Kalau musim hujan meningkat, sehari bisa 20 hingga 35 konsumen," tambahnya.

Soal tarif ia mematok mulai Rp 4 ribu per kilogram untuk cuci saja dan Rp 6 ribu perkilogram yang sudah disetrika dengan estimasi waktu selama tiga hari. "Kalau yang sehari selesai itu Rp 12 ribu perkilogram sudah cuci dan setrikanya," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved