Berita Tanahlaut

25 Persen Data Kependudukan Warga Damit Keliru

Itu karena dalam rombongan Bupati Tanahlaut, turut pula Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut memberikan layanan langsung admin

25 Persen Data Kependudukan Warga Damit Keliru
Banjarmasin Post Group/ Mukhtar Wahid
Warga Desa Damit Kecamatan Batuampar antre di loket pelayanan keliling administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut, Sabtu (8/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Warga Desa Damit, Kecamatan Batuampar, Kabupaten Tanahlaut memanfaatkan kedatangan rombongan Bupati Sukamta di desanya.

Itu karena dalam rombongan Bupati Tanahlaut, turut pula Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut memberikan layanan langsung administrasi kependudukan.

Halaman Balai Desa Damit disesaki warga yang antre dan membawa lembaran data kependudukan mereka, seperti kartu keluarga dan surat keterangan lainnya, di loket mobil keliling pelayanan langsung administrasi kependudukan.

Layanan langsung itu seperti perekaman dan perbaikan data di KTP elektronik, penambahan jumlah keluarga di kartu keluarga, permohonan akta kelahiran dan akta kematian.

Baca: Aksi Heroik Seekor Anjing Ini Selamatkan Gawang Tim Divisi Tiga Argentina

Baca: Biodata Lengkap Faisal Nasimuddin Putra Konglomerat Malaysia yang Dikabarkan Dekati Luna Maya

Baca: Jelang Hari Ibu 2018, Ini Lho Ide Rayakan Hari Ibu Yang Sederhana tapi Bermakna

Baca: Masih Ingat Bu Dendy Sawer Pelakor? Bikin Heboh Rayakan Ulang Tahun Bisnis Undang Nella Kharisma

Iwan mengaku ingin merubah akta kelahiran istrinya yang terdapat kekeliruan penulisan sehingga harus dilakukan perbaikan sesuai data pendukung sebagai buktinya.

"Kalau akta kelahiran saya, akta kelahiran anak saya tidak ada keliru. Cuma milik istri saja yang perlu perbaikan. Kalau perbaikan di Pelaihari butuh biaya banyak, belum tentu selesai satu hari," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (8/12/2018).

Sekitar 25 persen warga Desa Damit, Kecamatan Batuampar, Kabupaten Tanahlaut, yang berurusan dengan Pemerintah Desa Damit, data kependudukan mereka keliru atau selisih penulisan.

Kepala Desa Damit, Syaiful Ulum mengaku kekeliruan penulisan data itu, seperti berbeda nama orangtua di akta dengan di kartu keluarga. Ada juga berbeda tanggal lahir di akta dengan data di kartu keluarga.

"Makanya, kehadiran pelayanan langsung administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut sangat membantu warga kami," ujar Syaiful Ulum.

Menurut Syaiful Ulum, pihaknya akan memohon kembali layanan langsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut di Desa Damit.

Itu karena sekitar 25 persen data warganya terdapat kekeliruan atau selisih tanggal lahir dan perbaikan penulisan nama orangtua antara di akta kelahiran, ijasah dan kartu keluarga.

"Saya berharap dengan layanan langsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut, warga Desa Damit tidak ada yang tidak punya KTP elektronik, kartu keluarga dan akta kelahiran," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved